Danpaspampres Tak Masalah Jokowi Pakai Innova Zenix: Besok Pakai Lagi

Jokowi sering pakai Innova

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo para Rabu (4/9/2024) pulang ke Istana Bogor dari Istana Kepresidenan Jakarta menggunakan Toyota Innova Zenix. Jokowi menggunakan Innova Zenix usai melakukan pertemuan dengan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus di Istana Merdeka dan Istana Negara, Jakarta.

Presiden Jokowi biasanya ketika melakukan perjalanan di wilayah Jabodetabek kerap menggunakan mobil dinas Mercedes Benz. Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danspaspampres), Mayjen TNI Achiruddin, mengatakan, tak masalah Presiden Jokowi menggunakan kendaraan apa pun.

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah," ujar Achiruddin kepada jurnalis.

Menurutnya, pasukan pengamanan wilayah juga sudah ditempatkan di sepanjang jalan yang dilalui oleh Presiden Jokowi.

"Secara SOP, akan kami laksanakan pengamanan terhadap Presiden secara maskimal dan berlapis serta perhitungan yang matang," kata dia.

Achiruddin menegaskan, Paspampres juga sudah mempersiapkan antisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi ketika Presiden Jokowi dalam perjalanan.

Presiden Jokowi juga diagendakan akan kembali menggunakan Innova Zenix saat melakukan perjalanan dinas.

"Besok pun beliau akan gunakan mobil tersebut. Sebenarnya itu hal biasa, karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (penyamaran), beliau sering menggunakan kendaraan Innova," ujar Achiruddin.

Diketahui, pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia juga menggunakan Toyota Innova Zenix. Penggunaan Innova Zenix itu mendapat pujian dari berbagai pihak. Paus Fransiskus pun dinilai menjadi contoh kesederhanaan pemimpin dunia.

Baca Juga: Usai Bertemu Paus, Jokowi Pulang ke Istana Bogor Pakai Innova Zenix

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya