Daftar Menteri, Wamen, dan Kepala Badan yang Dilantik Jokowi Pagi Ini

Jokowi reshuffle 2 bulan jelang lengser

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo pagi ini diagendakan melantik menteri, wakil menteri (wamen), dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta Senin (19/8/2024) pagi. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menyampaikan ada tiga menteri, satu tambahan wamen dan tiga kepala badan yang akan dilantik.

"Pelantikan di Istana Negara pukul 09.30 WIB," ujar Yusuf kepada IDN Times, Senin.

Yusuf menyampaikan, menteri yang terkena reshuffle adalah Yasonna Laoly yang merupakan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Yasonna merupakan menteri dari PDI Perjuangan.

Ada pula Arifin Tasrif yang dicopot dari posisi Menteri ESDM. Arifin akan digantikan Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menteri Investasi. Jabatan Menteri Investasi diisi oleh Rosan Roeslani yang juga pernah menjadi Ketua Umum Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo). Angga diketahui sebagai kader Partai Gerindra sejak lama dan orang dekat Prabowo Subianto. Dia menjabat Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden dan sempat menjabat sebagai Kepala Departemen Sosial Media Gerindra.

Untuk kepala badan, Jokowi akan melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tarunan Ikrar akan dilantik sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berikut daftar menteri, wakil menteri dan kepala badan yang akan dilantik Jokowi:

1. Menkumham, Supratman Andi Agtas
2. ⁠Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia
3. ⁠Menteri Investasi, Rosan Roeslani
4. ⁠Wamen Kominfo, Angga Raka Prabowo
5. ⁠Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan Hindayana
6. ⁠Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi
7. ⁠Kepala BPOM, Tarunan Ikrar

Daftar Menteri, Wamen, dan Kepala Badan yang Dilantik Jokowi Pagi IniDaftar Menteri, Wamen, dan Kepala Badan yang Dilantik Jokowi (IDN Times/Aditya Pratama)

Baca Juga: Kenapa Jokowi Reshuffle Kabinet 2 Bulan Jelang Pensiun?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya