CEK FAKTA: Benarkah Akan Ada Deklarasi Anies-Zaki Cagub-Cawagub DKI?

Ahmed Zaki menegaskan itu hoaks

Jakarta, IDN Times - Beredar gambar di media sosial yang menyebutkan jaringan Aktivis Golkar akan mendeklarasi mendukung Anies Baswedan dan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, menjadi bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta.

Dalam gambar yang beredar itu disebutkan, deklarasi akan dilakukan pada Sabtu, 27 Juli 2024 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Baca Juga: CEK FAKTA: Heboh Banyak Anak Cuci Darah di RSCM 

1. Ahmed Zaki membantah

CEK FAKTA: Benarkah Akan Ada Deklarasi Anies-Zaki Cagub-Cawagub DKI?Ahmed Zaki Iskandar, Manajer Timnas Indonesia U-17 dan U-20 (IDN Times/Naufal Fathahillah)

IDN Times mengonfirmasi langsung kepada Ahmed Zaki mengenai gambar tersebut. Zaki membantah informasi tersebut.

"Hoax," ujar Zeki, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: CEK FAKTA: Prabowo Tidak Ingin Memindahkan Ibu Kota ke IKN

2. Terbaru, Golkar beri tiket ke Jusuf Hamka maju di Pilkada DKI Jakarta

CEK FAKTA: Benarkah Akan Ada Deklarasi Anies-Zaki Cagub-Cawagub DKI?Pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), Jusuf Hamka. (IDN Times/Trio Hamdani)

Nama yang santer akan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024 dari Golkar adalah Jusuf Hamka. Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan tugas yang diberikan kepada Jusuf Hamka adalah untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

"Jakarta telah memberikan surat instruksi, nah surat instruksi kepada Pak Jusuf Hamka. Nah tugas yang diberikan kepada beliau adalah sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur," kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Lodewijk menyampaikan, Golkar akan memantau perkembangan hasil survei elektoral terhadap Jusuf Hamka untuk Pilkada Jakarta. Golkar berharap penuh elektabilitas Jusuf Hamka di Jakarta terus bagus, sebagai calon gubernur atau pun wakil gubernur. Partai berlambang pohon beringin itu akan memantau elektabilitas Babah Alun selama 10 hari ke depan.

"Mudah-mudahan ya kita punya variabel pilihan yang bagus baik beliau untuk Wakil Gubernur maupun sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap 3 Skenario Golkar di Pilkada 2024

3. Bakal cawagub Anies belum ditentukan

CEK FAKTA: Benarkah Akan Ada Deklarasi Anies-Zaki Cagub-Cawagub DKI?Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saat ini, PKS dan NasDem sudah menyatakan mendukung Anies Baswedan maju menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Kedua partai tersebut belum sepakat mengenai siapa bakal calon wakil gubernur (bacawagub) DKI Jakarta, yang mendampingi Anies.

PKS mengusulkan mantan pucuk pimpinannya, Sohibul Iman. Sementara, NasDem menyerahkan kepada Anies untuk memilih bacawagubnya.

Dengan demikian, kabar yang menyebutkan adanya rencana deklarasi Anies-Zaki sebagai bakal pasangan cagub-cawagub pada Pilkada DKI Jakarta 2024 tidak benar alias Hoaks.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya