Cak Imin Bersafari Cari Dukungan Kiai untuk Bisa Jadi Capres 2024 

Cak Imin klaim akan teruskan perjuangan para kiai

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sudah yakin untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Salah satu cara untuk memuluskan keinginannya, Cak Imin meminta dukungan ke sejumlah kiai.

Salah satunya, Cak Imin bersafari dengan menghadiri Haul Akbar Muasis dan Masyayih Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan, Tuban, Jawa Timur, Kamis (8/9/2022).

Menurutnya, doa dari kiai diperlukan untuk langkah menuju Pilpres 2024.

"Kita perlu ngalap (mencari) berkah para kiai, para ulama,” ujar Cak Imin dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: PDIP Temui Gerindra Tawarkan Puan Capres, Ini Tanggapan Cak Imin

1. Cak Imin klaim maju jadi capres untuk meneruskan perjuangan para kiai

Cak Imin Bersafari Cari Dukungan Kiai untuk Bisa Jadi Capres 2024 Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengklaim langkahnya maju menjadi capres 2024 untuk meneruskan perjuangan para kiai. Menurutnya, PKB juga memiliki sejarah panjang terhadap perjuangan para kiai.

"Langkah saya maju sebagai capres pada Pilpres 2024 nanti semata-mata untuk perjuangan meneruskan amanah dan cita-cita para kiai, para wali, para pendiri bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur," kata dia.

Dalam kunjungan ke Pesantren Langitan, Cak Imin didampingi Wakil Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, anggota DPR RI Fraksi PKB Ratna Juwita dan Farida Hidayati, Bupati Bojonegoro Ana Muawanah, Ketua DPP Lukmanul Khakim, dan jajaran DPW PKB Jatim dan DPC PKB Tuban.

Baca Juga: Safari Politik Lanjut, Puan Bakal Sambangi Cak Imin Pekan Depan

2. Respons Cak Imin soal isu PDIP temui Gerindra tawarkan Puan jadi capres

Cak Imin Bersafari Cari Dukungan Kiai untuk Bisa Jadi Capres 2024 Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Terkait pertemuan Gerindra dan PDIP di Hambalang, Sentul, Jawa Barat pada Minggu (4/9/2022), di mana disebutkan dalam pertemuan politik itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menawarkan diri sebagai calon presiden (capres) 2024 mendatang, Muhaimin memastikan apabila PDIP atau partai lain ingin berkoalisi dengan Gerindra, sudah seharusnya mendapat persetujuan dari PKB dulu.

Sebagaimana diketahui, Gerindra telah berkoalisi dengan PKB. Kepastian koalisi itu diumumkan pada acara rapat pimpinan nasional (rapimnas) Gerindra beberapa waktu lalu. Koalisi keduanya dinamakan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

"Iya karena kita sama Gerindra udah tanda tangan untuk semua keputusan adalah di Pak Prabowo sama saya," ujar Cak Imin di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

3. Cak Imin akan temui Puan

Cak Imin Bersafari Cari Dukungan Kiai untuk Bisa Jadi Capres 2024 Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah), didampingi oleh pimpinan DPR saat audiensi dengan KPU terkait pelaksanaan Pemilu 2024. (Dok. DPR RI)

Cak Imin memastikan, bakal berkomunikasi langsung dengan PDIP, terutama Puan Maharani untuk membahas terkait safari politik ke koalisi Gerindra dan PKB.

"Sehingga besok Minggu ini saya ketemu Bu Puan. Khusus empat mata dengan Bu Puan untuk mem-follow up apa yang menjadi ikatan Gerindra dan PKB," imbuh dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya