Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKN

Kendaraan untuk acara HUT di IKN diprioritaskan bus

Intinya Sih...

  • Kemeterian Negara menyewa ratusan kendaraan untuk operasional HUT ke-79 RI di IKN
  • Mayoritas kendaraan yang disewa Kemensetneg adalah bus, sekitar 200 unit
  • Harga sewa kendaraan naik fantastis, seperti Fortuner dari Rp2,5 juta menjadi Rp5 juta per hari

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kementerian Negara, Setya Utama, mengakui lembaganya menyewa ratusan kendaraan untuk operasional HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Setya mengatakan, jumlahnya tak sampai seribu unit.

"Tentu saja diperlukan juga kendaraan operasional untuk wara-wiri dan logistik, seperti truk dan mobil boks barang," ujar Setya kepada jurnalis, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Mensesneg Bantah Sewa Seribu Mobil untuk Upacara di IKN: Pakai Bus

1. Mayoritas kendaraan yang disewa adalah bus

Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKNPeninjauan proyek Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). (dok. Kementerian BUMN)

Setya mengatakan, mayoritas kendaraan yang disewa Kemensetneg adalah bus. Total yang disewa sekitar 200 kendaraan.

"Total semua itu, hanya seratusan unit. Armada bus yang disiapkan oleh panpel bidang transportasi (Kemenhub dan OIKN juga Pemda setempat) jumlahnya juga hanya sekitar 200-an (jauh dari 1.000 unit) untuk sarana transportasi pasukan upacara dan undangan," kata dia.

Menurutnya, kendaraan dari dan ke IKN pada peringatan HUT ke-79 RI diprioritaskan bus.

2. Sewa seribu mobil disampaikan oleh asosiasi rental mobil

Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKNPeninjauan proyek Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur (Kaltim). (dok. Kementerian BUMN)

Dilansir ANTARA, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, mengatakan Kemensetneg menyewa seribu mobil.

"Kami dan Kemensetneg tandatangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," kata Kiswanto.

3. Harga sewanya naik berlipat ganda

Bukan Seribu, Ini Jumlah Mobil yang Disewa Istana untuk HUT RI di IKNTitik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kiswanto mengatakan, karena keterbatasan kendaraan, sejumlah unit juga dikirim ke Kalimantan Timur, asalnya mulai dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu.

Harga sewanya pun naik fantastis, untuk Fortuner yang biasanya Rp2,5 juta per hari, naik menjadi Rp5 juta per hari. Kemudian untuk Hi-Ace naik menjadi Rp15 juta per hari dari biasanya Rp3,5 juta.

"Bahkan untuk Alphard yang biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari," ucap Kiswanto.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya