Brain Cipher Klaim Kembalikan Kunci, Sistem PDNS 2 Belum Semua Terbuka

Tim teknis sedang mengerjakan

Jakarta, IDN Times - Terduga pelaku peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2, Brain Chiper mengklaim sudah memberikan kuncinya kepada pemerintah.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Pangerapan Abrijani yang baru saja mengundurkan diri, mengatakan, belum semua sistem bisa dibuka.

"Kami juga mendapatkan (kunci), tapi ini lagi dikerjakan dan kita coba di spesimen kita memang berhasil dibuka, tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak, itu lagi dikerjakan teman-teman teknis. Jangan tanyakan terlalu dalam, saya hanya tahu itunya saja," ujar Semuel dalam konferensi pers di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Meski demikian, Semuel mengaku kunci tersebut tidak diberikan langsung ke Kemenkominfo. Menurutnya, kunci tersebut bisa diunduh semua pihak.

"Itu semua orang bisa download. Ya kita makanya maksudnya gimana kan belum dikasih ke kita langsung, tadi malam kita coba di spesimen yang kita miliki, itu bisa dibuka, itu saja, saya tak tahu lebih lanjut," kata dia.

Diketahui, Semuel pada Kamis (4/7/2024) menyatakan mengundurkan diri sebagai Dirjen Aptika Kemenkominfo. Surat pengunduran dirinya masih dalam proses persetujuan.

Baca Juga: Pakar TI Sarankan Kemenkominfo Tak Usah Bayar Tebusan Ransomware

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya