Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIP

Bila benar, PDIP harap tak reshuffle bukan bagi jabatan

Jakarta, IDN Times - Beredar isu Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan me-reshuffle sejumlah menteri. Salah satu menteri yang diisukan akan diganti berasal dari PDI Perjuangan.

Juru bicara PDI Perjuangan, Chico Hakim mengaku belum mengetahui informasi itu.

"Belum ada informasi," ujar Chico kepada IDN Times, Selasa (13/8/2024).

1. PDIP harap Jokowi tingkatkan kinerja di akhir jabatan

Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIPPresiden Jokowi meninjau posyandu di Cipete, Jakarta Selatan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, apabila benar nantinya akan ada reshuffle, Chico berharap hal itu bisa meningkatkan kinerja pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Tentunya harapan kami reshuffle di akhir-akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja yang sesungguhnya justru di beberapa bulan terakhir persoalan perekonomian rakyat mendesak untuk diselesaikan," kata Chico.

Baca Juga: Jokowi Disebut Segera Reshuffle 3 Menteri Ini

2. Ada sejumlah persoalan yang harus segera diselesaikan

Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIPIlustrasi Istana Merdeka. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, ada sejumlah persoalan yang harus segera diselesaikan, salah satunya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah.

"Kemudian juga banyak sekali permasalahan sosial yang perlu diselesaikan, termasuk biaya kuliah yang tinggi, biaya sekolah tinggi, biaya-biaya kebutuhan pokoh begitu meroket dan banyak hal lagi terkait dengan percepatan tanda kutip pembangunan IKN yang perlu juga dievaluasi," beber dia.

PDI Perjuangan berharap, reshuffle kabinet nantinya tidak hanya sekadar bagi-bagi jabatan dengan alasan sinkronisasi pemerintahan baru.

"Karena sesungguhnya ini bukan sekali ada masa transisi dalam kepemimpinan di republik ini dan kita melihat banyak hal yang unik yang dilakukan di masa transisi ini, khususnya di akhir masa jabatan Presiden Joko Widodo menyambut datangnya kepemimpinan baru," kata dia.

3. Diisukan Jokowi akan reshuffle 15 Agustus 2024

Beredar Informasi Jokowi Bakal Reshuffle Menteri dari PDIPPresiden Jokowi kumpulkan kepala daerah se-Indonesia di IKN, Selasa (13/8/2024) (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan menteri kabinetnya dalam waktu dekat.

Berdasarkan informasi yang diterima IDN Times, setidaknya ada tiga menteri yang bakal diganti.

"Rencana ada tiga yang mau diganti," kata narasumber yang enggan disebutkan namanya kepada IDN Times, Selasa (13/8/2024).

Disebutkan pula bahwa reshuffle tersebut kemungkinan akan digelar pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Narasumber lainnya juga menyebutkan hal yang sama, ada tiga menteri yang akan digantikan atau digeser.

Ketiga menteri itu yakni Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Siti Nurbaya Bakar; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly; serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif.

Siti Nurbaya dan Yasonna merupakan kader partai politik. Siti Nurbaya berasal dari NasDem dan Yasonna adalah politikus PDIP. Sementara, Arifin adalah teknokrat.

Baca Juga: Bahlil Bantah Isu Reshuffle: Banyak Kerjaaan di Kementerian Investasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya