Basuki Pastikan Listrik dan Air Masuk IKN di Pertengahan Juli

Basuki sebut proses pembangunan IKN terus dikebut

Intinya Sih...

  • Listrik dan air masuk di Kompleks Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pertengahan Juli 2024.
  • PLN sudah menyiapkan kapasitor listrik di IKN, sehingga pada pertengahan Juli 2024, IKN sudah bisa dialiri listrik.
  • Bandara VVIP IKN ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan HUT ke-79 RI, proses pembangunan di IKN akan dihentikan pada 10 Agustus 2024.

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan listrik dan air masuk di Kompleks Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pertengahan Juli 2024.

"Nanti tanggal 15 (Juli), ada commisioning, nanti saya tanggal 18 ke sana, karena tanggal 15 saya ke Abu Dhabi bersama Presiden, pulang tanggal 17 dan tanggal 18 ke sana (IKN) memastikan air insyaallah sudah oke," ujar Basuki di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Baca Juga: 3 Tersangka Korupsi PLTU Bukit Asam PLN Ditahan KPK

1. PLN sudah siapkan kapasitor listrik

Basuki Pastikan Listrik dan Air Masuk IKN di Pertengahan JuliMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Basuki menjelaskan, PLN sudah menyiapkan kapasitor listrik di IKN. Sehingga, pada pertengahan Juli 2024, IKN sudah bisa dialiri listrik.

"Dari dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk, listrik sudah masuk, tadi saya baru ngumpulin energi dan komunikasi, Telkom dan PLN, tadi baru melaporkan, 10 Megawatt itu sudah oke. Sekarang baru dibangun 40 Megawatt selanjutnya, tapi yang 10 Megawatt dari PLTS, sudah dicek Pak Erick juga minggu lalu, tadi saya baru mengumpulkan yang energi dan komunikasi, besok yang lain lagi," ucap dia.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Belum Terbitkan Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN

2. Bandara VVIP IKN juga ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan HUT ke-79 RI

Basuki Pastikan Listrik dan Air Masuk IKN di Pertengahan JuliMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, Bandara VVIP IKN ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan HUT ke-79 RI. Menurutnya, yang menjadi kendala pembangunan di IKN adalah hujan.

"Airport tadi saya ketemu Pak Menhub, Insyaallah bisa diupayakan 2.200 meter. Masalahnya di sana hanya satu, yaitu hujan. Dengan kemarin dari 30 hari hanya delapan hari yang terang, selebihnya hujan, sekarang mengaspal pun pakai tenda, supaya gak kena hujan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Tunggu Air dan Listrik Sebelum Berkantor di IKN

3. Semua pekerjaan di IKN akan dihentikan pada 10 Agustus 2024

Basuki Pastikan Listrik dan Air Masuk IKN di Pertengahan JuliMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Basuki menjelaskan, proses pembangunan di IKN juga akan dihentikan pada 10 Agustus 2024. Setelah 17 Agustus 2024, proyek akan kembali dilanjutkan.

"Memang tanggal 10 (Agustus) yang untuk outdoor kita hentikan, untuk indoor itu interiornya nanti mesti jalan terus. Nanti kita lanjutkan setelah 17 Agustus," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya