Bandara IKN Belum Bisa Dipakai, ke Lokasi HUT RI Lewat Tol 150 Menit

Bandara IKN belum selesai dibangun

Jakarta, IDN Times - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memastikan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) belum bisa digunakan pada perayaan HUT ke-79 RI. Menurutnya, run way di Bandara IKN masih kurang 300 meter.

"Untuk akses menuju ke IKN, karena tamu-tamu dari Jakarta, mohon maaf karena bandara kita di IKN masih kurang 300 meter lagi, untuk 2.200," ujar Basuki di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

"Target kami waktu itu 2.200 meter sampai dengan 17 Agustus, tapi karena kondisi hujan, waktu yang lalu sekarang ini 24 jam kami kawal dengan TMC. Sehingga alhamdulillah kami 2 minggu di sana gak hujan," sambungnya.

1. Basuki beberkan akses ke lokasi perayaan HUT ke-79 RI

Bandara IKN Belum Bisa Dipakai, ke Lokasi HUT RI Lewat Tol 150 MenitKonferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Basuki kemudian menjelaskan skema akses ke lokasi Istana Negara yang menjadi tempat upacara HUT ke-79 RI. Basuki mengatakan, apabila menggunakan pesawat, undangan bisa turun di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

"Dari (Bandara) Sams Sepinggan, pertama melalui jalan tol yang insyaAllah sudah siap, kemarin juga sudah ditinjau oleh Bapak Presiden dan kita semua naik motor di sana, itu sampai dengan jembatan Pulau Balang kemudian menuju ke IKN melalui jalan nasional, panjangnya kalau melalui jalan tolnya 88 km, dapat ditempuh sekitar 90 menit," kata dia.

Baca Juga: Seribu Undangan Disiapkan untuk Upacara HUT RI ke-79 di IKN

2. Bisa lewat Tol Balsam

Bandara IKN Belum Bisa Dipakai, ke Lokasi HUT RI Lewat Tol 150 MenitMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kedua, kata Basuki, bisa melalui Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), keluar di Km 38 kemudian menuju jalan nasional samboja.

"Dengan waktu tempuh sekitar 150 menit, hampir dua jam," beber dia.

3. Ada seribu undangan di IKN

Bandara IKN Belum Bisa Dipakai, ke Lokasi HUT RI Lewat Tol 150 MenitKonferensi pers Bulan Kemerdekaan 2024 di Kementrian Sekretariat Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, meastikan jika peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN dan Jakata.

Menurutnya, kegiatan upacara militer hanya dilakukan di IKN. Terkait tamu undangan, Heru mengatakan hanya mengundang seribu orang untuk upacara kenaikan dan penurunan bendera di IKN.

Seribu orang itu nantinya bisa menyaksikan langsung proses pengibaran bendera pusaka di IKN.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 7 Agustus, dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall, untuk di Jakarta 1.500 pagi dan 1.500 sore," ujar Heru di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Selain itu, ada juga masyarakat yang akan ditempatkan di sekitar Gedung Plaza Ceremony, Lapangan Hijau dan Kementerian Koordinator sekitar 1.500 orang.

"Nanti menggunakan tenda-tenda, nanti masyarakat yang diundang bisa juga menyaksikan dari sana," kata dia.

Baca Juga: Melihat Rangkaian Kegiatan Bulan Kemerdekaan hingga HUT RI di IKN

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya