Anggota DPR Wanti-wanti Menag Ada Dugaan Joki Vaksin di Jemaah Umrah

Maman masih mengumpulkan bukti soal dugaannya

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB, Maman Imanul Haq mewanti-wanti Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas soal adanya dugaan joki vaksinasi COVID-19 untuk jemaah umrah. Mulanya, Maman menyampaikan kalau jemaah tak terurus dengan baik.

"Saya mendapatkan juga beberapa foto berapa video, di mana orang-orang tua yang habis umrah itu betul-betul kelelaran dan lain sebagainya," ujar Maman dalam rapat kerja bersama Menteri Agama dalam membahas Biaya Perjalanan Ibadah Haji 2022 secara virtual, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga: Kemenag Siapkan Asrama Haji Bekasi Jadi Tempat Karantina Jemaah Umrah

1. Bicara soal joki vaksin

Anggota DPR Wanti-wanti Menag Ada Dugaan Joki Vaksin di Jemaah UmrahAnggota Komisi VIII DPR Fraksi PKB, Maman Imanul Haq (instagram.com/mamanimanulhaq)

Setelah itu, Maman menyinggung soal adanya duggan joki vaksin. Maman mengaku sedang mengumpulkan bukti terkait pernyataannya itu.

"Bahwa pelayanan kita dalam umrah ini tidak baik-baik saja, seperti itu, termasuk kemarin ada beberapa orang yang masih pakai joki dalam vaksin terus ada beberapa travel di bandara keleleran," katanya.

"Saya lagi ngumpulin semua datanya, nanti saya kasih ke Pak Dirjen," sambungnya.

Baca Juga: [BREAKING] 28 Tim Advance PPIU dan Jemaah Umrah Indonesia Positif Omicron

2. Maman ngaku selalu motivasi jemaah untuk mau berangkat umrah di masa pandemik

Anggota DPR Wanti-wanti Menag Ada Dugaan Joki Vaksin di Jemaah UmrahAnggota Komisi VIII DPR Fraksi PKB, Maman Imanul Haq (instagram.com/mamanimanulhaq)

Maman juga mengaku selalu memberi motivasi kepada jemaah untuk mau berangkat umrah di masa pandemik COVID-19. Menurutnya, motivasi itu diberikan agar masyarakat terbiasa melakukan kegiatan di masa pandemik.

"Berapa jemaah umrah saya kan selalu mendesak, kenapa memberikan keyakinan kepada jemaah, silakan umrah, untuk belajar bagaimana caranya kita ada di tanah suci saat pandemi," katanya.

Baca Juga: 115 Jemaah Asal Jambi Positif COVID-19 Setelah Pulang Umrah

3. Pemerintah berangkatkan umrah di masa pandemik sejak 8 Januari 2022

Anggota DPR Wanti-wanti Menag Ada Dugaan Joki Vaksin di Jemaah UmrahJemaah umrah melakukan tawaf mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram (IDN Times/Mela Hapsari)

Sebagai informasi, pemerintah memberangkatkan kembali jemaah umrah pada 8 Januari 2022. Sejak saat itu, kini ada jemaah asal Indonesia setiap harinya ada yang berangkat ke Tanah Suci.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief, menjelaskan keputusan keberangkatan umrah ini dilakukan setelah adanya rapat lintas kementerian/lembaga pada 3 Januari 2022. Menurut dia, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) menjadi penanggung jawab keberangkatan umrah.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya