Anggaran HUT ke-79 RI Bengkak, Jokowi: Wajar, Namanya Dua Tempat

Jokowi sebut anggaran dikeluarkan Kemensetneg

Intinya Sih...

  • Anggaran peringatan HUT ke-79 RI lebih besar karena digelar di dua lokasi, Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).
  • Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengakui anggaran perayaan membengkak, meski tak hafal secara rinci besarnya.

Jakarta, IDN Times - Anggaran peringatan HUT ke-79 RI lebih besar dari biasanya karena digelar di dua lokasi, Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Presiden Joko "Jokowi" Widodo menganggap hal itu wajar.

"Iya, namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat, tapi kan bukan lompatan yang anu (pakai gestur tidak naik tinggi). Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg," ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (9/8/2024).

1. Mensesneg akui anggaran membengkak

Anggaran HUT ke-79 RI Bengkak, Jokowi: Wajar, Namanya Dua TempatMenteri Sekretaris Negara, Pratikno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengakui anggaran perayaan peringatan HUT ke-79 RI membengkak.

"Ya, karena upacara sekarang itu kan diselenggarakan di dua tempat, tentu saja anggarannya lebih besar dari sebelumnya, tetapi gak signifikan," ujar Pratikno.

Meski demikian, Pratikno mengaku tak hafal secara rinci berapa besarnya anggaran HUT ke-79 RI.

"Oh gak hafal, mungkin Pak Kasetpres lebih tahu," ucap dia.

Baca Juga: Istana Akui Akomodasi-Transportasi Jadi Tantangan Gelar HUT RI di IKN

2. Ada sejumlah rangkaian acara di bulan Kemerdekaan

Anggaran HUT ke-79 RI Bengkak, Jokowi: Wajar, Namanya Dua TempatMenteri Sekretaris Negara, Pratikno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ada sejumlah rangkaian agenda pada bulan Kemerdekaan 2024. Pertama, diawali acara zikir kebangsaan yang digelar di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (1/8/2024) malam. 

Pratikno menyebut, ada 3 ribu peserta dalam acara tersebut. Kemudian, ada kirab Bendera Pusaka pada 10 Agustus 2024 dari Monas, Jakarta ke IKN. Acara dimulai pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya, 13 Agustus 2024 ada pengukuhan Paskibraka di IKN. Kemudian, Presiden Jokowi juga akan pidato kenegaraan, penyampaian RAPBN, dan nota keuangan di Gedung Nusantara kompleks MPR/DPR/DPD, Jakarta pada 16 Agustus 2024.

Baca Juga: Jokowi Kukuhkan Paskibraka HUT ke-79 RI di IKN pada 13 Agustus 2024

3. Ada renungan suci di IKN dan Jakarta

Anggaran HUT ke-79 RI Bengkak, Jokowi: Wajar, Namanya Dua TempatIstana Negara di IKN, Rabu (7/8/2024). (Umi Kalsum/IDN Times)

Setelahnya, Jokowi akan kembali ke IKN untuk apel kehormatan dan renungan suci pada 17 Agustus 2024 pukul 00.00 WIB di Taman Kusuma Bangsa.

Renungan suci juga digelar di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan yang dipimpin Wakil Presiden Ma'ruf Amin.Pada 17 Agustus 2024, upacara peringatan HUT ke-79 RI di IKN. 

Untuk di Jakarta, ada sejumlah hiburan. Selain itu, ada juga pameran arsip kepresidenan dengan tema "Mari ke Mari ke Nusantara" yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta dari 8 -20 Agustus 2024.

"Memamerkan arsip dan memorabilia terkait ibu kota negara, bahwa kita punya sejarah panjang mengenai ibu kota negara, mulai dari era sebelum kemerdekaan, Indonesia merdeka, era Presiden Sukarno, Presiden Soeharto karena kita juga pernah mengalami pindah ibu kota, hingga era nantinya di Ibu Kota Nusantara," kata Pratikno.

"Pameran bersama arsip kepresidenan ini diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Otoritas IKN, Anri, Pemprov DKI, dan juga kearsipan Pemprov DIY," sambungnya. 

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih secara penuh dari 1-31 Agustus 2024.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya