Andika Perkasa Dinilai Jadi Paket Lengkap Bila Jadi Cawapres Ganjar

Andika dinilai bisa jadi kuda hitam

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa dinilai jadi paket lengkap bila dijadikan bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Andika dinilai memiliki prestasi ketika berkarier di militer.

“Dari sisi penugasan dan karier militer pada masa Indonesia berada dalam iklim demokratis, maka Andika yang belum pernah mempunyai cacat dalam menjalankan karier militernya, menjadi sangat cocok untuk menjadi cawapres Ganjar dan melengkapi paket capres dan cawapres untuk Indonesia maju dan demokratis,” ujar pengamat kebijakan publik, Djuni Thamrin, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Struktur TPN Ganjar Diumumkan Akhir Pekan Ini

1. Andika perkasa merupakan kuda hitam

Andika Perkasa Dinilai Jadi Paket Lengkap Bila Jadi Cawapres GanjarMantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa (dok. PDIP)

Djuni mengatakan, Andika merupakan sosok kuda hitam bila ikut bertarung di Pilpres 2024. Menurutnya, Andika merupakan sosok strategis yang hampir dilupakan dalam penentuan cawapres 2024.

“Ia merupakan ‘kuda hitam’ yang tidak banyak dilirik dan digadang-gadang oleh kelompok  tertentu maupun kalangan politik. Andika merupakan sosok strategis yang nyaris dilupakan oleh publik, untuk menjadi kandidat penting dalam pencarian dan penelusuran sebagai cawapres Ganjar Pranowo,” sambung peneliti pusat Kajian Kemanan Nasional Universitas Bhayangkara itu.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

2. Dari sisi akademik, Andika dinilai unggul

Andika Perkasa Dinilai Jadi Paket Lengkap Bila Jadi Cawapres GanjarAndika Perkasa (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Djuni juga menyebut Andika unggul dalam sisi akademik. Sebab, Andika bergelar Ph.D di The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C., AS.

“Melihat penugasan, karier dan pendidikan akademik yang cukup menonjol yang dimiliki oleh Andika Perkasa ini, maka tidak heran ia dapat menjadi kandidat pemimpin nasional yang dimiliki oleh Indonesia,” kata Djuni.

3. Andika dinilai bisa jadi cawapres untuk lawan Prabowo

Andika Perkasa Dinilai Jadi Paket Lengkap Bila Jadi Cawapres GanjarPanglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelumnya, Pengamat politik Ujang Komarudin, menilai Andika Perkasa layak menjadi cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sebab, nama Andika juga disebut oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, masuk dalam bacawapres Ganjar.

Ujang menilai, Andika bisa menyaingi sosok Prabowo Subianto yang merupakan mantan tentara.

"Bisa jadi Andika diambil dari kalangan militer itu, bisa saja untuk menyaingi Prabowo yang kita tahu Prabowo adalah kandidat militer yang senior, tentara senior yang sudah makan asam garam. Tentu itu ingin disaingi oleh PDIP dengan menghadirkan cawapres dari eks tentara juga," ujar Ujang, Rabu (20/9/2023).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya