Andika-Airin Jadi Single Fighter Jagoan PDIP di Jateng dan Banten

Megawati ingatkan tak menang ada risikonya

Intinya Sih...

  • PDI Perjuangan usung Andika Perkasa di Jateng dan Airin Rachmi Diany di Banten
  • Koalisi Indonesia Maju dukung Ahmad Lutfhi di Jateng, KIM melirik Andra Soni-Dimyati di Banten
  • Megawati ingatkan ada risiko bila tak menang di Pilkada serentak 2024

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan secara resmi mengusung mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan Airin Rachmi Diany di Pilkada Banten. PDI Perjuangan diprediksi akan menjadi single fighter atau petarung tunggal di dua provinsi tersebut.

Untuk Jawa Tengah, Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 juga sudah menyatakan dukungan untuk mengusung Ahmad Lutfhi.

Sementara, untuk di Pilkada Banten, KIM melirik Andra Soni-Dimyati. Bahkan, Golkar selaku partai yang menaungi Airin tak jadi mengusung mantan Wali Kota Tangerang Selatan untuk merebut kursi Banten 1. Kemungkinan, PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan partai non-parlemen di Pilkada Jateng dan Banten.

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dalam pidato politiknya usah memberikan surat rekomendasi dukungan memperingatkan ada risikonya bila tidak menang di Pilkada serentak 2024.

"Saya, Pak Hasto, Mas Prananda, semua tangannya encok. Jadi, kalian kalau ndak menang, ya ada risiko. Sampai saya tiap malam dikasih apa itu namanya, dikasih balur-balur, di sininya. Dikasih koyo-koyo, coba itu Pak Andika, gak ada kasih duit sama saya. Itu lah PDI Perjuangan," ujar Megawati di DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

1. Airin yakin bisa menang

Andika-Airin Jadi Single Fighter Jagoan PDIP di Jateng dan BantenBakal calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Airin, yang berduet dengan Ade Sumardi, mengaku yakin bisa memenangkan Pilkada Banten 2024. Keduanya akan berbagi tugas, lantaran memahami wilayahnya masing-masing.

"Saya berbagi tugas dengan Pak Ade. Pak Ade merupakan wilayah Lebak yang memahami betul selatan. Saya wilayah Tangerang raya, tapi kami akan switching. Kami akan terus berkeliling di empat kabupaten dan kota," kata Airin.

Baca Juga: Diusung PDIP Maju Pilkada Banten, Airin Ngaku Masih Kader Golkar

2. Strategi Airin

Andika-Airin Jadi Single Fighter Jagoan PDIP di Jateng dan BantenBakal calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Airin membeberkan strateginya untuk bisa menang. Salah satunya turun langsung ke masyarakat memperkenalkan diri sebagai calon Gubernur Banten.

"Temui, datangi masyarakat, sampaikan ke kami dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Sentuh masyarakat sehingga nanti 27 November 2024 bisa memilih kami," ujar dia.

Airin mengaku juga optimis dengan sejumlah program kerja yang sedang dirancang bisa memajukan Banten.

"Sehingga, apa yang kami janjikan saat kampanye bisa terwujud, karena lima tahun waktu yang singkat," kata Airin.

3. Andika Perkasa serahkan pilihan ke warga Jateng

Andika-Airin Jadi Single Fighter Jagoan PDIP di Jateng dan BantenBakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, ketika ditanya yakin atau tidak menang di Pilkada Jawa Tengah, Andika yang berpasangan dengan Hendrar Prihadi, mengaku menyerahkan sepenuhnya suara kepada warga Jawa Tengah. Hingga kini, Andika juga masih enggan membeberkan strateginya di Pilkada Jawa Tengah. Dia mengaku masih mempelajari peta politik yang ada.

"Kami hanya berusaha, nanti masyarakat Jawa Tengah yang menentukan," ucap Andika.

Baca Juga: Rekomendasi Calon Wali Kota PDIP di Pilkada Solo Masih Jadi Pertanyaan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya