Akhirnya Jokowi Pimpin Sidang Kabinet di IKN

Sidang kabinet digelar perdana di IKN pada Senin ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akhirnya memimpin sidang kabinet paripurna di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembukaan sidang kabinet perdana di IKN disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menganggap sidang kabinet paripurna di IKN istimewa. Sebab, ini merupakan sidang kabinet perdana di ibu kota baru.

"IKN adalah sebuah kanvas yang mengukir masa depan dan tak semua orang tak semua negara dan tak semua negara memiliki kesempatan memiliki kemampuan untuk membangun ibukotanya yang dimulai betul-betul dari nol," ujar Jokowi, Senin (12/8/2024).

Jokowi mengatakan, IKN dibangun dengan konsep kota hutan yang hijau. Menurutnya, IKN dibangun dengan penghijauan bukan beton atau kota kaca dan smart city.

"Kota yang ditopang dengan teknologi dalam setiap aktivitas kotanya dan juga livable city, kota yang nyaman ditinggalinya. Kita merasakan pagi tadi betapa sangat sejuk dingin dan segar pada pagi hari ini, karena air quality indeksnya memang sangat rendah sekali yaitu di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50. Dan hampir banyak kota sekarang ini sudah di atas 50," ucap dia.

Baca Juga: Wapres Pimpin Doa saat Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN

1. Dua menteri absen

Akhirnya Jokowi Pimpin Sidang Kabinet di IKNMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto merangkul Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia (IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan daftar hadir yang diterima IDN Times, ada dua menteri yang tidak hadir dalam sidang kabinet paripurna. Pertama, ada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Keterangan dalam daftar hadir itu disebutkan Nadiem tidak hadir karena izin cuti. Sementara, Bintang keterangannya tugas khusus.

Sementara itu, menteri dan pejabat setingkat menteri lainnya hadir dalam sidang kabinet paripurna.

Baca Juga: Jokowi Sapa Prabowo Presiden Terpilih saat Sidang Kabinet di IKN

2. Suasana sidang kabinet penuh bunga-bunga

Akhirnya Jokowi Pimpin Sidang Kabinet di IKNPengantar Presiden Jokowi pada Rapat Sidang Kabinet Perdana di IKN pada Senin (12/8/2024). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Posisi duduk sidang kabinet membentuk huruf U. Di tengah-tengahnya, ada taman yang dilengkapi hiasan tanaman dan bunga-bunga.

Selain itu, nampak juga sejumlah bendera merah putih di belakang Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Posisi Jokowi dan Ma'ruf Amin berada di tengah. Sementara, menteri dan pejabat setingkat menteri duduk di sisi kanan dan kiri.

3. Pindah ke IKN bukan hanya fisik, tapi pola pikir

Akhirnya Jokowi Pimpin Sidang Kabinet di IKNPotret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, pindah ke IKN bukan hanya fisiknya, tapi harus berpindah pola pikirnya.

"Pindah mindset kita, pindah pola kerja kita bisa bekerja dari mana saja, juga pindah mobilitasnya," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, kendaraan di Ibu Kota Nusantara harus menggunakan kendaraan listrik dan menggunakan energi hijau. Menurutnya, bangunan yang di IKN juga diarahkan menggunakan konsep green building.

"Bangunan di sini semuanya diarahkan ke green building dan aksesibilitasnya juga diprioritaskan untuk pejalan kaki dan yang naik sepeda," ujar Jokowi.

4. Prabowo janji tuntaskan IKN

Akhirnya Jokowi Pimpin Sidang Kabinet di IKNPotret Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto meninjau proyek di IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam sidang kabinet, Prabowo juga berjanji akan menuntaskan proyek IKN. Sebab, kata Prabowo, IKN ini dibutuhkan oleh Indonesia.

"Saya kira supaya jelas dan tadi sudah saya tegaskan beberapa kali bahwa, IKN ini akan kita tuntaskan, akan kita selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan. Tadi bapak Presiden mengatakan soal pemerataan, dan keinginan kita untuk juga meringankan daya dukung pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan konsentrasi kegiatan," ujar Prabowo.

Prabowo kemudian berseloroh, IKN susah payah dibangun Jokowi dan akhirnya dirinya yang menikmati.

"Pak Jokowi yang susah-susah, yang menikmati pertama saya. Ya itulah takdir, Pak," imbuhnya.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya