Agenda Makan Siang Ma'ruf Amin dengan 3 Cawapres Kembali Ditunda

Ma'ruf rapat dengan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Agenda makan siang Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan tiga calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar pada Senin (6/11/2023) ditunda. Penundaan agenda tersebut disampaikan Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi.

"Bersama ini saya informasikan bahwa pertemuan tersebut ditunda. Selanjutnya segera dijadwalkan waktu yang cocok untuk pertemuan tersebut," ujar Masduki dalam keterangannya, Minggu (5/11/2023).

1. Ma'ruf harus rapat internal dengan Jokowi

Agenda Makan Siang Ma'ruf Amin dengan 3 Cawapres Kembali DitundaPresiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Masduki menerangkan, penundaan agenda makan siang dengan tiga cawapres karena Ma'ruf Amin harus mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Adapun penundaan ini, disebabkan Wapres Ma’ruf Amin harus menghadiri hal yang sangat penting," ucap dia.

Semula, agenda makan siang Ma'ruf Amin bersama tiga cawapres dijadwalkan pada Rabu (1/11/2023). 

Baca Juga: Ma'ruf Akan Makan dengan 3 Bacawapres 6 November, Bahas Pemilu Damai

2. Jokowi makan siang dengan 3 capres

Agenda Makan Siang Ma'ruf Amin dengan 3 Cawapres Kembali DitundaJokowi undang tiga calon presiden (capres) 2024 ke Istana Merdeka pada Senin (30/10/2023). (IDN Times/Ilman Nafi’an)

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menjamu makan siang tiga capres, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, pada Senin (30/11/2023).

Masduki menerangkan, agenda pertemuan Wapres dan tiga cawapres bertujuan untuk silaturahmi. Sehingga, para pendukungnya tidak saling menyerang satu sama lain.

"Ini membangun silaturahmi, membuat tenang warga supaya di medsos gak keras. Kita saudara ini, jangan sampai persaudaraan cedera oleh persoalan-persoalan yang sesaat lah, politik praktis sesaat, persaudaraan kan abadi," imbuhnya.

3. Inisiator makan siang Jokowi-capres dan Ma'ruf-cawapres

Agenda Makan Siang Ma'ruf Amin dengan 3 Cawapres Kembali DitundaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Masduki mengungkap pertemuan itu sebenarnya diinisiasi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

"Bukan instruksi ya, tapi Pak Mensesneg berkomunikasi dengan Pak Setwapres, gimana setelah, sebenarnya kan maunya bersamaan, tapi waktunya gak bisa. Ada gagasan untuk Pak Jokowi ketemu dengan calon presiden, Kiai Ma'ruf ketemu dengan calon wakil presiden," ujar Masduki kepada wartawan, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga: Diundang Ma'ruf Amin Makan Siang, Mahfud MD Pastikan Datang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya