Acara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di Kaltim

Ada puluhan peserta nikah massal yang ikut

Jakarta, IDN Times - Dalam rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke-30 di Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar acara nikah terpadu atau nikah massal. Ada puluhan pasangan yang ikut dalam nikah massal.

"Melalui acara Nikah Terpadu ini, kami berharap dapat terbentuk keluarga-keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah, serta mampu menjaga ketahanan keluarga di tengah berbagai tantangan zaman," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Kalimantan Timur, Abdul Kholiq dalam keterangannya, diktuip Jumat (13/9/2024).

1. Penghulu yang bertugas berasal dari berbagai KUA di Kalimantan Timur

Acara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di KaltimAcara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di Kaltim (IDN Times/Istimewa)

Kholiq menjelaskan, para penghulu yang bertugas dalam acara tersebut berasal dari berbagai Kantor Urusan Agama (KUA) di Kalimantan Timur. Mereka ditugaskan langsung oleh negara untuk menjadi wali bagi pasangan yang membutuhkan, termasuk bagi mereka yang tidak memiliki wali sah.

Kehadiran para penghulu ini menjadi elemen penting dalam memastikan proses pernikahan berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan syariah Islam.

Baca Juga: Ada Pameran Kaligrafi Dunia dari 36 Negara di MTQ Nasional 2024

2. Masyarakat senang ikut nikah massal

Acara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di KaltimAcara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di Kaltim (IDN Times/Istimewa)

Respons masyarakat terhadap acara ini positif. Pasangan calon pengantin merasa terbantu dengan adanya program ini. Salah satunya adalah Agus dan Zyifah, pasangan termuda yang mengikuti acara Nikah Terpadu ini.

"Kami sangat berterima kasih kepada panitia yang telah mempermudah proses pernikahan kami. Ini adalah momen yang sangat spesial, apalagi bisa menjadi bagian dari acara MTQN," kata Zyifah.

3. Kemenag berikat edukasi terkait membangun rumah tangga yang kuat

Acara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di KaltimAcara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di Kaltim (IDN Times/Istimewa)

Selain mempermudah proses pernikahan, program ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya bimbingan pranikah dan persiapan membangun rumah tangga yang kuat. Tim penyuluh agama yang hadir dalam acara tersebut memberikan bimbingan terkait berbagai aspek pernikahan, mulai dari pengelolaan keuangan keluarga hingga komunikasi yang efektif dalam rumah tangga.

Acara Nikah Terpadu ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam rangkaian MTQN ke-30. Tidak hanya menambah kekhidmatan acara, program ini juga memperlihatkan peran aktif pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program sosial keagamaan.

Dengan adanya program ini, diharapkan tercipta keluarga-keluarga yang kokoh dan harmonis, yang nantinya dapat menjadi pondasi kuat bagi pembangunan bangsa.

Baca Juga: Delegasi Malaysia  Ikut Meriahkan Expo MTQ ke 30 di Samarinda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya