5 Nama Menteri dan Wamen yang Diangkat Jokowi Jelang Pensiun

Ada AHY hingga ponakan Prabowo

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi lantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam, menggantikan Mahfud MD.
  • Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dilantik menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan posisi Hadi.
  • Presiden Jokowi juga mengangkat tiga wakil menteri, termasuk keponakan Prabowo, Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo di tahun terakhirnya memimpin Indonesia, masih melakukan pergantian menteri dan menambah jabatan wakil menteri (wamen), untuk Kabinet Indonesia Maju.

Pada Rabu (21/2/2024), Presiden Jokowi melantik dua menteri sekaligus. Pertama, melantik Hadi Tjahjanto sebagai sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hadi bukanlah orang baru di Kabinet Indonesia Maju. Dia sebelumnya merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi kemudian dipercaya menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD, yang mengundurkan diri karena maju menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Sah! Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR/BPN

1. AHY juga masuk Kabinet Indonesia Maju

5 Nama Menteri dan Wamen yang Diangkat Jokowi Jelang Pensiunpotret Annisa Pohan di pelantikan AHY (instagram.com/agusyudhoyono)

Menteri kedua yang dilantik pada Rabu (21/2/2024) adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Dia menjadi Menteri ATR/BPN menggantikan posisi Hadi.

Hadi dan AHY dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 34/P Tahun 2024, tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Ponakan dan Aspri Prabowo Jadi Wamenkeu-Wamentan

2. Jokowi lantik ponakan dan aspri Prabowo jadi Wamenkeu dan Wamentan

5 Nama Menteri dan Wamen yang Diangkat Jokowi Jelang PensiunWakil Menteri Keuangan 2, Thomas Djiwandono (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Berselang lima bulan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengangkat tiga wakil menteri pada Kamis (18/7/2024), di Istana Negara, Jakarta.

Mereka adalah Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) yang merupakan keponakan Prabowo. Jabatan Wamenkeu kini diisi dua orang, Thomas dan Suahasil Nazara.

Kemudian wakil menteri (wamen) kedua yang diangkat adalah Sudaryono yang dilantik menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Sudaryono merupakan asisten pribadi (aspri) Prabowo dan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah.

3. Yuliot Tanjung menjadi Wakil Menteri Investasi

5 Nama Menteri dan Wamen yang Diangkat Jokowi Jelang PensiunWakil Menteri Investasi, Yuliot Tanjung (tengah) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Ketiga, Yuliot Tanjung dilantik menjadi Wakil Menteri Investasi. Ini merupakan jabatan baru di Kementerian Investasi.

Yuliot sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

Thomas, Sudaryono dan Yuliot diangkat menjadi wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45/M, tentang pemberhentian dan pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya