20 Hari Jelang Jokowi Pensiun, Pembantu Presiden Ramai-Ramai Mundur

Dua menteri dan satu wakil menteri mundur

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi akan pensiun pada 20 Oktober 2024, digantikan oleh Prabowo Subianto.
  • Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029.
  • Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo melepas jabatan untuk maju sebagai calon Gubernur Papua Tengah.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan pensiun pada 20 Oktober 2024. Indonesia selanjutnya dipimpin oleh Prabowo Subianto. Namun, 20 hari jelang Jokowi pensiun, pembantunya di Kabinet Indonesia Maju ramai-ramai mengundurkan diri.

Mereka yang mengundurkan diri adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar; Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo.

"Bapak Presiden telah menerima surat pengunduran diri dari Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah, dalam jabatan masing-masing sebagai Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Menteri Ketenagakerjaan," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kepada jurnalis, Senin (30/9/2024).

Baca Juga: Menelusuri Jejak Jokowi Berkantor di IKN, September Cuma 5 Hari?

1. Alasan Ida mundur

20 Hari Jelang Jokowi Pensiun, Pembantu Presiden Ramai-Ramai MundurMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan pernyataan nasional membahas laporan Direktur Jenderal International Labour Organization (ILO) mengenai situasi pekerja di wilayah Arab yang diinvasi, di Jenewa, pada Kamis (6/6). (dok. Kemnaker)

Ari Dwipayana menjelaskan, Ida mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029, dan dilantik pada 1 Oktober 2024.

Pada Pileg 2024, Ida maju dari daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II. Dia mendapat 25.712 suara. Dengan mundurnya Ida, Presiden Jokowi sudah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Ketenagakerjaan.

2. Abdul Halim menjadi anggota DPR

20 Hari Jelang Jokowi Pensiun, Pembantu Presiden Ramai-Ramai MundurMenteri Desa Abdul Halim Iskandar (Setkab.go.id)

Sama dengan Ida, Abdul Halim juga mengundurkan diri karena terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024. Abdul Halim maju dari Dapil VIII Jawa Timur.

Kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu meraup suara 107.011.

3. John Wempi mundur karena jadi Cagub Papua Tengah

20 Hari Jelang Jokowi Pensiun, Pembantu Presiden Ramai-Ramai MundurWakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, John Wempi melepas jabatan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) karena maju sebagai calon Gubernur Papua Tengah. John Wempi berpasangan dengan Ausilius You.

"Bapak Presiden telah menerbitkan Keppres Nomor 62/M, tanggal 27 September 2024, tentang pemberhentian dengan hormat Bapak John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri, disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdian nya selama memangku jabatan tersebut," ucap Ari Dwipayana.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya