SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024

Survei juga dilakukan pada Prabowo-Puan vs Ganjar-Airlangga

Jakarta, IDN Times - Survei Saiful Mujani Reseacrh and Consulting (SMRC) menunjukkan persaingan ketat dua pasangan calon dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Beberapa nama yang muncul yakni Prabowo Subianto-Puan Maharani, Anies Baswedan-AHY, dan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto.

Survei mencoba memperlihatkan tingkat keterpilihan antara dua calon jika harus berhadapan dengan Gerindra-PDIP yang mengusung Prabowo-Puan.

Sebanyak 1.220 responden yang dipilih secara acak dengan metode stratified multistage random sampling terhadap warga negara yang sudah memiliki hak pilih. Survei dilakukan pada 13-20 Maret 2022.

Response rate survei sebesar 1.027 atau 84 persen yang kemudian dianalisis. Sementara itu, margin of error survei diperkirakan sebesar 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Survei: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Bersaing, Puan di Bawah Giring

1. Duet sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY

SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Kondisi itu terjadi jika Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, berduet dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani, melawan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Prabowo-Puan 41 persen, Anies-AHY 37,9 persen. Ada 21 persen yang belum menentukan pilihan. Dukungan pada dua pasangan ini secara statistik tidak berbeda secara signifikan,” kata Saiful dalam paparan surveinya, Kamis (21/4/2022).

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Unggul Jika Prabowo Berpasangan dengan Puan

2. Persaingan ketat Prabowo-Puan vs Ganjar-Airlangga

SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Selain melawan pasangan Anies-AHY, Prabowo-Puan juga disebut akan bersaing ketat jika berhadapan dngan duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Menurut survei, duet Prabowo-Puan akan kalah bila berhadapan dengan Ganjar-Airlangga dengan selisih suara 1 persen. Dalam surveinya, Prabowo Puan mendapat 39,3 persen suara, sementara Ganjar-Airlangga sedikit lebih ungul dengan suara 40,3 persen.

“Namun masih ada 20,5 persen yang belum menentukan pilihan dalam simulasi ini,” kata Saiful.

Baca Juga: Pengamat: Nama AHY Kalah Saing dari Anies Jika Maju Jadi Capres 2024

3. Pasangan Pilpres belum bisa diperkirakan

SMRC: Peta Persaingan Sengit Prabowo-Puan vs Anies-AHY di Pilpres 2024solopos.com

Meski sudah melakukan beberapa survei, Saiful mengatakan belum bisa memperkirakan pasangan mana yang akan memenangkan Pilpres 2024. Pasalnya, situasi politik saat ini masih terlalu cair.

Meski demikian, dia menilai kemungkinan Prabowo Subianto akan kesulitan meningkatkan suara dibanding dengan Ganjar atau Anies. Sebab Prabowo merupakan sosok lama dalam dunia politik.

“Kalau dilihat Prabowo yang sudah berkali kali ikut kontestasi ini kemungkinan untuk naiknya lebih berat ketimbang Ganjar atau Anies,” tuturnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya