Anteng di Posisi 3, Elektabilitas Anies Dimainkan Lembaga Survei? 

Elektabilitas Anies terus di posisi tiga

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan anteng di posisi tiga dalam beberapa hasil survei. Elektabilitasnya belum bisa mengungguli nama Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada April menyebut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan teratas sebagai tokoh yang paling dipilih publik dalam Pilpres 2024. Sementara nama Ganjar Pranowo justru menurun ke posisi dua setelah sebelumnya bertahan pada posisi pertama, Anies di posisi tiga.

Survei lainnya, Survey & Polling Indonesia (SPIN) pada Mei ini menyebut Prabowo berada di urutan pertama dengan 33,2 persen, disusul Ganjar Pranowo 17 persen, dan Anies Baswedan 16,6 persen.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Belum Ungguli Ganjar, Lembaga Survei Jadi Sorotan

1. Curiga permainan lembaga survei

Anteng di Posisi 3, Elektabilitas Anies Dimainkan Lembaga Survei? Bakal calon presiden 2024, Anies Baswedan (IDN Times/Amir Faisol)

Dosen komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai naik-turunnya elektabilitas sejumlah bakal capres tak bisa dipisahkan dari lembaga survei. Dia mencurigai ada permainan dalam lembaga survei yang membuat elektabilitas satu figur terperosok sementara figur lainnya di posisi puncak.

Pada kasus Anies, Jamiluddin menilai kuat permainan lembaga survei untuk menjatuhkan bakal capres yang didukung Partai NasDem tersebut. Pasalnya, dia menganggap aneh elektabilitas Anies yang terus stagnan di posisi tiga, padahal kerap melakukan safari politik ke daerah.

“Konsistennya elektabilitas Anies di posisi tiga bisa jadi karena permasalahan objektivitas lembaga survei,” kata Jamiluddin kepada IDN Times, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Anies Kritik Kebijakan Pemerintah Beri Subsidi Kendaraan Listrik

2. Elektabilitas Ganjar yang cepat naik

Anteng di Posisi 3, Elektabilitas Anies Dimainkan Lembaga Survei? IDN Times/Khaerul Anwar

Jamiluddin juga menyoroti elektabilitas bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo yang cenderung cepat naik setelah sempat menunjukkan tren negatif setelah pembatalan Piala Dunia U-20.

Pada beberapa kali survei, elektabilitas Ganjar sempat menurun disebut-sebut sebagai imbas pernyataannya yang berujung pembatalan U-20. Namun kurang dari satu bulan, elektabilitasnya langsung mengungguli Prabowo dan Anies Baswedan dalam lembaga survei.

“Persoalan objektivitas itu semakin layak dipersoalkan saat kasus Ganjar Pranowo menolak Israel ikut Piala Dunia U-20. Elektabilitas Ganjar memang sempat melorot, namun dalam waktu yang sangat singkat elektabilitasnya kembali ke posisi satu,” kata Jamiluddin.

Baca Juga: Anies: Kita Ingin Meluruskan Jalan, Berhadapan dengan Lawan yang Besar

3. Survei SMRC Prabowo unggul

Anteng di Posisi 3, Elektabilitas Anies Dimainkan Lembaga Survei? Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berkunjung ke rumah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) melakukan survei terkait siapa calon presiden (capres) yang akan menang bila pemilihan presiden (pilpres) digelar hari ini.

Survei yang digelar pada 2-5 Mei 2023 itu melibatkan 925 responden dengan metode random digit dialing (RDD). Margin of error dalam survei ini sekitar 3,3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Dalam survei itu, ada tiga nama yang dimasukkan sebagai capres. Ketiganya adalah Prabowo Subianto 34,5 persen, Ganjar Pranowo 33,3 persen, dan Anies Baswedan 21,7 persen.

Dalam simulasi dua capres, SMRC menyandingkan nama Prabowo dan Anies Baswedan. Hasilnya, Prabowo mengungguli Anies. Prabowo mendapat 46,4 persen sementara Anies mendapat 31, 5 persen. Sementara jika calon yang bertarung adalah Ganjar vs Anies, maka Ganjar akan keluar sebagai pemenang.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya