Sivitas Akademika UI Serukan Perguruan Tinggi Awasi Ketat Pemilu 2024

Sivitas Akademika UI sampaikan sejumlah tuntutan

Jakarta, IDN Times - Sivitas Akademika Universitas Indonesia (UI) menyerukan pernyataan sikap terkait kondisi demokrasi Indonesia saat ini, jelang Pemilu 2024. Aksi berlangsung di Rotunda (bundaran) depan Rektorat Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Bertepatan dengan Dies Natalis ke-74 UI, Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UI, Harkristuti Harkrisnowo, bersama guru besar dan alumni UI, membacakan Seruan Kebangsaan Kampus Perjuangan yang bertajuk "Genderang Universitas Indonesia Bertalu Kembali".

"Kami, warga dan alumni Universitas Indonesia prihatin atas hancurnya tatanan hukum, dan demokrasi. Hilangnya etika bernegara dan bermasyarakat, terutama korupsi, kolusi, dan nepotisme telah menghancurkan kemanusiaan, serta merampas akses keadilan kelompok miskin terhadap hak pendidikan, kesehatan, layanan publik, dan berbagai kelayakan hidup," ucap Harkristuti, Jumat (2/2/2024).

Dalam aksi ini, warga dan alumni UI mengutuk segala bentuk tindakan yang menindas kebebasan berekspresi. Mereka juga menyampaikan sejumlah tuntutan berikut ini:

  • Menuntut hak pilih rakyat dalam pemilu dapat dijalankan tanpa intimidasi dan ketakutan, berlangsung jujur dan adil.
  • Menuntut agar semua ASN, Pejabat Pemerintah, TNI dan Polri dibebaskan dari paksaan untuk memenangkan salah satu paslon.
  • Menyerukan agar semua perguruan tinggi di seluruh Tanah Air mengawasi dan mengawal secara ketat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah masing-masing.

Diungkapkan, Dewan Guru Besar UI juga telah mengajak Majelis Wali Amanat (MWA) dan Senat Akademik untuk ikut dalam aksi ini. Namun, hanya anggota MWA UI-Wakil Dosen, Rinaldy Dalimi dan Freby Tobing, yang hadir.

Terkait langkah selanjutnya, Dewan Guru Besar  UIbersama Majelis Dewan Guru Besar PTNBH akan mengawal Pemilu 2024 agar berlangsung adil di seluruh Indonesia, seperti yang telah diikrarkan pada 2 bulan lalu.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya