BPJS Kesehatan Raih 3 Penghargaan di ESG Initiative Awards 2024 

Bukti telah memberikan dampak positif bagi masyarakat

Jakarta, IDN Times - BPJS Kesehatan kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan di ajang ESG Initiative Awards 2024, Kamis (8/8). Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen BPJS Kesehatan dalam menerapkan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menyelenggarakan Program JKN.

Pada ajang bergengsi ini, BPJS Kesehatan berhasil membawa pulang penghargaan pada kategori Best ESG Reporting and Transparency dengan predikat diamond, lalu penghargaan kategori ESG Initiative of the Year dengan predikat gold.

Selain itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, juga mendapatkan penghargaan sebagai Best CEO of ESG Initiatives & Commitment in Sustainable Health Solutions.

"Melalui penghargaan ini menegaskan transparansi dan kualitas laporan keberlanjutan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Kemudian juga menjadi bukti kuat bahwa BPJS Kesehatan telah menginisiasi Program JKN secara berkelanjutan, yang memberikan dampak positif bagi masyarakat luas," terang Ghufron.

1. BPJS Kesehatan telah melakukan berbagai upaya meningkatkan kualitas Program JKN

BPJS Kesehatan Raih 3 Penghargaan di ESG Initiative Awards 2024 Menjelang HUT ke-79, Republik Indonesia mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) pada perhelatan UHC Awards 2024. (Dok. BPJS Kesehatan)

ESG Initiative Awards 2024 yang mengusung tema 'Advancing Sustainability Through Innovative Transformation' ini bertujuan memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga yang telah berperan aktif dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan secara inovatif di Indonesia. Ajang ini juga menjadi momentum penting bagi semua pihak untuk terus mendorong transformasi yang mendukung keberlanjutan di berbagai sektor.

"Penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh Duta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas Program JKN, seperti melalui Transformasi Mutu Layanan," ujar Ghufron.

Baca Juga: Cara Membuat SKCK dengan BPJS Kesehatan, Cek Langkahnya di Sini!

2. BPJS Kesehatan mengimplementasikan Transformasi Mutu Layanan

BPJS Kesehatan Raih 3 Penghargaan di ESG Initiative Awards 2024 Ilustrasi Kesehatan Mental (freepik.com)

Transformasi Mutu Layanan yang diimplementasikan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan layanan yang mudah, cepat, dan setara bagi seluruh peserta JKN. Mudah dalam artian tidak ribet, cukup dengan menunjukkan NIK pada KTP atau menggunakan KIS Digital pada Aplikasi Mobile JKN, serta tidak ada fotokopi berkas saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

"Kemudian cepat, dengan maksud akses layanan di fasilitas kesehatan tidak lagi memakan waktu lama dengan adanya fitur antrean online. Bahkan kini terdapat fitur i-Care JKN yang memudahkan dokter dan peserta dalam mengetahui riwayat pelayanan kesehatan dalam 12 bulan terakhir, sehingga dokter dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Sedangkan setara berarti akses layanan kesehatan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat tanpa diskriminasi," jelas Ghufron.

3. BPJS Kesehatan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik

BPJS Kesehatan Raih 3 Penghargaan di ESG Initiative Awards 2024 BPJS Kesehatan kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan di ajang ESG Initiative Awards 2024, Kamis (8/8). (dok. BPJS Kesehatan)

Ghufron berharap, penghargaan yang diterima BPJS Kesehatan ini dapat menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik melalui Program JKN, serta terus mendorong transformasi yang berkelanjutan di masa depan.

"BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat Indonesia melalui Program JKN. Tujuannya jelas, BPJS Kesehatan ingin menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat, sejahtera, dan berdaya saing," tutup Ghufron. (WEB)

Baca Juga: Baru 1,3 Juta Pekerja di Sumsel yang Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya