Purna Paskibraka Bawa Bendera dan Teks Proklamasi ke Mimbar Kehormatan

Kachina dan Keyla bertugas bawa bendera dan teks proklamasi

Jakarta, IDN Times - Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dimulai. Purna Paskibraka telah membawa Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi menuju mimbar kehormatan di lokasi upacara.

Sang Merah Putih dan teks Proklamasi dibawa dua Purna Paskibraka Duta Pancasila 2023 dan dikawal Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada Sabtu (17/8/2024).

Kachina Ozora bertugas membawa Bendera Merah Putih sementara Keyla Azzahra Purnama bertugas membawa naskah teks Proklamasi.

Ini akan jadi kali pertama Merah Putih dikibarkan dalam upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Larangan Hijab Paskibraka, Komnas Perempuan: Negara Tak Boleh Memaksa!

Baca Juga: Pemkot Banjarmasin Izinkan Paskibraka Perempuan Kenakan Jilbab

Baca Juga: Pesan Pj Wako Ucok Abdulrauf Damenta kepada 64 Paskibraka Palembang

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya