Profil Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR yang Dicari-cari Demonstran

Namanya diteriaki massa aksi

Jakarta, IDN Times - Nama Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menjadi sorotan. Namanya sempat diteriaki dan dicari-cari demonstran yang menolak revisi Undang-Undang Pilkada (RUU Pilkada) di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2024.

Demonstran yang berada di pintu belakang gedung DPR berteriak dan menyampaikan keinginan bertemu Dasco.

"Polisi kalau gak mau ribet panggil aja Sufmi Dasco. Panggil Sufmi Dasco, panggil Sufmi Dasco," seru demonstran.

Lantas, siapa sebenarnya Sufmi Dasco Ahmad? Berikut profil politikus Partai Gerindra itu.

Baca Juga: Profil Habiburokhman, Anggota DPR Eks Aktivis Dilempar Botol saat Demo

1. Elite Gerindra sejak 2008

Profil Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR yang Dicari-cari DemonstranWakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Mengutip laman Fraksi Gerindra, Dasco pertama kali terjun ke dunia politik karena kedekatannya dengan rekan sejawatnya, Fadli Zon, yang kala itu merupakan rekan bisnisnya.

Dasco disebut terlibat aktif sejak Partai Gerindra mulai didirikan. Sejak 2008, Dasco menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Dia juga menjadi Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra sejak 2008-2014.

Baca Juga: Siapa Ayah Azizah Salsha? Ini Profil Andre Rosiade Anggota DPR RI

2. Jadi anggota dewan di Senayan

Profil Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR yang Dicari-cari DemonstranKetua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad pastikan partainya tutup pintu dukungan ke Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Dasco pertama kali menjadi anggota DPR RI pada 2014-2019. Ia kemudian terpilih sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pada 30 Oktober 2014.

Pada masa kerja 2014-2019, Dasco duduk di Komisi III yang membidangi Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia. Dasco kemudian menjadi Wakil Ketua DPR RI pada periode keduanya, 2019-2024.

Baca Juga: Reaksi Dasco Dicari Demonstran Tolak RUU Pilkada: Saya Gak Tahu

3. Dasco juga aktif berorganisasi

Profil Sufmi Dasco, Wakil Ketua DPR yang Dicari-cari DemonstranKetua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan KIM Plus akan mengusung Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Dasco juga dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi. Ada banyak organisasi yang telah dilakoni Dasco. Termasuk Kongres Advokat Indonesia (2011), Dasco menjabat sebagai dewan pembina.

Organisasi-organisasi yang pernah diikuti Dasco di antaranya Serikat Pengacara Rakyat, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, dan Satuan Relawan Indonesia Raya.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya