Baju Kustin Jokowi di Upacara Kemerdekaan Ternyata Pakaian Sultan

Jokowi jadi inspektur upacara HUT RI di IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokow "Jokowi" Widodo dan Ibu negara Iriana Joko Widodo kompak mengenakan baju adat Kustin dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024).

Usai upacara sempat dijelaskan mengenai baju Kustin yang dikenakan Jokowi dan Iriana. Baju adat tersebut ternyata merupakan baju adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martapura.

Kerajaan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia sekaligus cikal bakal nusantara Indonesia. Baju Kustin disebut sebagai salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutai Kartanegara. Kata Kustin sendiri punya arti kebesaran.

Baju yang dikenakan Jokowi disebut dipergunakan Sultan pada saat upacara penting pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara dan pada saat upacara Erau yang merupakan upacara terbesar dan termegah yang diselenggarakan di Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta. Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Prabowo Pakai Baju Adat Jawa saat Upacara 17 Agustus di IKN

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya