Viral Kucing di GBK Dimasukkan Plastik, Petugas Diberhentikan

Petugas dan pihak jasa pest control minta maaf

Intinya Sih...

  • Video viral petugas GBK masukkan kucing liar ke dalam plastik
  • GBK tegur vendor Insekta.co.id dan rencanakan diskusi dengan komunitas hewan
  • Insekta Pest Control minta maaf, beri sanksi tegas kepada petugas yang terlibat

Jakarta, IDN Times - Video viral yang memperlihatkan seorang petugas Stadion Gelora Bung Karno (GBK) mengevakuasi kucing liar dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik.

Video itu diunggah akun Instagram @jakartaanimalnetwork (JAAN) pada Senin, 17 Juni 2024. Terlihat dari video yang tersebar, dua orang pria sedang mencari kucing-kucing di sekitaran GBK. Kemudian mereka memasukkannya ke dalam karung berbahan plastik.

"Dear Manajemen GBK, kami dari lembaga organisasi kesejahteraan hewan mendesak GBK untuk mengevaluasi kegiatan ini, berdiskusi dengan kami untuk solusi bersama yang terbaik untuk kucing-kucing ini serta memberikan informasi lokasi kucing-kucing itu berada," tulis akun @jakartaanimalnetwork, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Kronologi Remaja Jadi Korban Jambret di CFD, Tampang Pelaku Viral

1. GBK bakal undang pencinta dan pemerhati hewan

Viral Kucing di GBK Dimasukkan Plastik, Petugas Diberhentikanilustrasi Stadion Madya GBK (gbk.id)

Menanggapi hal ini, pihak GBK mengunggah pernyataan sikap mereka lewat Instagram @love_gbk. GBK menegur pihak vendor yang diketahui bernama @insekta.co.id

"GBK menegur keras pihak vendor @insekta.co.id akibat tindakan yang tidak sesuai prosedur serta melakukan evaluasi," kata GBK.

Dalam waktu dekat, GBK segera mengundang komunitas pencinta dan pemerhati hewan untuk duduk bersama dan berdiskusi. Hal itu dilakukan untuk mencari solusi terbaik dan melibatkan aspirasi guna memastikan kesejahteraan hewan di kawasan GBK.

Baca Juga: Viral Jambret di CFD Dipotret Fotografer, Polisi Kantongi Identitas

2. Dua petugas diberhentikan dan diberi pembinaan

Viral Kucing di GBK Dimasukkan Plastik, Petugas DiberhentikanAkun Instagram @jakartaanimalnetwork (JAAN) membagikan video petugas masukkan kucing di GBK pada Senin, 17 Juni 2024 (Instagram/jakartaanimalnetwork)

Sementara itu, jasa pest control yang ditunjuk GBK, yakni Insekta Pest Control sebagai unit pengendali hama di Area Gelora Bung Karno, memohon maaf atas kejadian yang terjadi pada 15 Juni 2024 itu.

Insekta mengklaim pemindahan hewan ke lokasi lainnya telah dilakukan lewat langkah kerja yang aman dan selalu memperhatikan keselamatan bagi hewan tersebut.

"Terkait dengan adanya kesalahan penanganan hewan yang dilakukan oleh karyawan teknisi kami pada tanggal 15 Juni 2024 tesebut yang menggunakan peralatan tambahan adalah merupakan tindakan di luar prosedur. Atas kejadian tersebut, kami dari manajemen memberikan sanksi tegas kepada dua orang petugas yang bersangkutan berupa pemberhentian tugas dan pembinaan," kata Insekta.

Baca Juga: Gelar Jakarta International Marathon, Dishub Siapkan 17 Kantong Parkir

3. Mengklaim kucing dalam keadaan sehat

Viral Kucing di GBK Dimasukkan Plastik, Petugas Diberhentikanilustrasi kucing (unsplash.com/Peter Lam CH)

Insekta pun memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak atas kejadian ini. Mereka mengatakan, kondisi kucing-kucing yang diamankan masih dalam keadaan sehat tanpa ada siksaan. Kucing itu juga dirawat dengan baik.

"Kami berterima kasih dengan adanya kejadian ini sekaligus menjadi self reminder bagi kami untuk lebih hati-hati dan akan kami jadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kami ke depannya," kata Insekta.

Baca Juga: PKS Bicara Kans Anies Lawan Ridwan Kamil di Pilkada DKI Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya