Usman Kansong Mengundurkan Diri sebagai Dirjen IKP Kominfo

Usman menyebut Kominfo perlu penyegaran organisasi

Jakarta, IDN TimesUsman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya. 

“Oleh karena itu saya mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kominfo per 13 Agustus,” kata Usman dalam konferensi pers pengunduran dirinya di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/8/2024).

Dia mengatakan akan tetap melakukan kerja komunikasi publik di luar pemerintahan. 

"Tentu saya akan tetap melaksanakan kerja kerja komunikasi publik dari luar pemerintahan," kata dia 

Dia mengatakan memang perlu penyegaran dalam organisasi.

Usman Kansong lahir di Jakarta pada 13 April 1970. Dia adalah lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara, pada tahun 1994, dan menyelesaikan Program Pascasarjana Sosiologi di Universitas Indonesia pada tahun 2005. Usman pernah bekerja di Harian Republika dari tahun 1995 hingga 2000. 

Pada tahun 2000, Usman bergabung dengan Metro TV dan bekerja di sana hingga tahun 2009 dengan jabatan terakhir sebagai News Current Affairs Manager. Setelah itu, dari tahun 2009 hingga 2020, ia bekerja di Harian Media Indonesia dan menjabat sebagai direktur pemberitaan. Usman juga pernah mengajar di berbagai perguruan tinggi swasta.

Selain itu, dia tercatat sebagai anggota board Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) dan pernah mendapatkan beasiswa Chevening di London dan Skotlandia pada tahun 2003, serta fellowship dari East-West Center, Honolulu, Amerika Serikat. Usman juga pernah berpartisipasi dalam program "people to people diplomacy" yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Rusia dan Belarusia pada tahun 2015, serta di Amerika Serikat pada tahun 2016.

Baca Juga: Menkominfo Pastikan Jaringan Komunikasi di IKN Siap Saat HUT ke-79 RI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya