TransJakarta Lakukan Uji Coba Angkot Mikrotrans 24 Jam di Empat Rute

Rute yang ada dekat dengan pusat niaga dan fasilitas kesehat

Jakarta, 31 Mei 2024 - PT PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah layanan Mikrotrans yang beroperasi 24 jam di empat rute utama. Uji coba layanan ini berlangsung sejak Jumat, 31 Mei 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kini Jakarta tidak lagi jadi ibukota, maka perlu tuntutan untuk terus berimprovisasi dan inovasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat di sektor transportasi publik.

“Oleh karena itu, layanan AMARI (angkutan malam hari) untuk Mikrotrans untuk mengisi kekosongan layanan yang selama ini dibutuhkan oleh masyarakat khususnya warga yang beraktifitas pada malam hari ke pusat-pusat kegiatan,” kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (6/1/2024).

1. Empat rute yang akan diuji coba selama tiga bulan

TransJakarta Lakukan Uji Coba Angkot Mikrotrans 24 Jam di Empat RuteOperasional Mikrotrans selama 24 Jam (Dok/Humas Transjakarta)

Uji coba akan dilakukan selama tiga bulan. Empat rute itu adalah  Kalideres-Muara Angke (JAK52), Pasar Minggu-Ciganjar (JAK47), Cililitan-Kampung Pulo (JAK75), dan Cilangkap-Cililitan (JAK36). Berikut detilnya: 

-JAK. 52 (Kalideres-Muara Angke) sebanyak 10 unit terkoneksi dengan koridor 3 di terminal Kalideres

- JAK.47 (Pasar Minggu - Ciganjur) sebanyak 9 unit terkoneksi dengan koridor 6 di Halte Jati Barat

- JAK 75 (Cililitan - Kp. Pulo) sebanyak 9 unit terkoneksi dengan koridor 7 dan koridor 10 di Halte Cililitan

- JAK.36 (Cilangkap-Cililitan) sebanyak 8 unit yang keduanya ini terkoneksi dengan koridor 7 dan koridor 10 di Halte Cililitan.

Baca Juga: Angkot Mikrotrans Beroperasi 24 Jam di Empat Rute Ini 

2. Dekat dengan pusat niaga dan fasilitas kesehatan

TransJakarta Lakukan Uji Coba Angkot Mikrotrans 24 Jam di Empat RuteIlustrasi Mikrotrans (wikimedia.org/Adnnwjy)

Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza menjelaskan, pemilihan keempat rute uji coba Mikrotrans AMARI ini didasarkan pada pertimbangan point of interest.

“Jalur ini melewati pusat kegiatan seperti pasar, fasilitas kesehatan, dan kantor polisi terdekat,“ kata dia.

3. Terkoneksi dengan rute BRT utama

TransJakarta Lakukan Uji Coba Angkot Mikrotrans 24 Jam di Empat RuteSebanyak 750 unit mikrotrans mendapatkan servis gratis (PT SIS)

Kemudian dilihat dari performa rute, hal lain yang dipertimbangkan menyediakan mikrotrans 24 jam adalah lewat aspek layanan, dan aspek keselamatan. 

“Serta keempat rute ini terkoneksi dengan rute BRT utama,” ujarnya.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya