Profil Foksi yang Laporkan Rocky Gerung soal Gibran Kerap Terima Uang

Pernah lapor sutradara dan 3 ahli hukum di film Dirty Vote

Intinya Sih...

  • Ketua Foksi melaporkan Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya terkait pernyataan tentang Gibran Rakabuming Raka.
  • Foksi adalah forum santri yang bergabung dengan PSI dan berkomitmen memenangkan partai tersebut di Pemilu 2024.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia (Foksi), Muhammad Natsir Sahib, melaporkan Rocky Gerung ke Polda Metro Jaya, Sabtu (7/9/2024). Laporan ini buntut dari pernyataan Rocky soal Gibran Rakabuming Raka. 

"Saya selaku Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia memberikan laporan ini sebagai ungkapan rasa marah saya terhadap video yang diunggah atau pun pernyataan Rocky Gerung," ujar Natsir di Polda Metro Jaya.

Lalu, apa itu Foksi yang melaporkan Rocky Gerung? Berikut profilnya dilansir dari beberapa sumber!

Baca Juga: Buntut Ucapan Soal Gibran, Rocky Gerung Dilaporkan ke Polisi

1. Foksi didirikan pada 2016

Profil Foksi yang Laporkan Rocky Gerung soal Gibran Kerap Terima UangPotret pihak Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI) saat bergabung ke PSI dan berfoto dengan Kaesang Pangarep ketua umum PSI(Dok. PSI)

Dilansir dari situs resmi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Foksi merupakan forum yang terdiri dari santri. Pada November 2023, mereka kemudian bergabung ke PSI. Ratusan santri pun bergabung ke PSI.

Foksi adalah organisasi santri yang didirikan pada 2016. Pembentukannya terinspirasi dari sikap dan penganugerahan Hari Santri yang ditetapkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Foksi berkomitmen memenangkan PSI di Pemilu 2024, terutama di wilayah-wilayah yang menjadi basis santri. 

Baca Juga: Foksi Gagal Laporkan Sutradara dan 3 Pakar Hukum Dirty Vote ke Bareskrim

2. Foksi pernah laporkan sutradara dan tiga ahli hukum di film Dirty Vote

Profil Foksi yang Laporkan Rocky Gerung soal Gibran Kerap Terima UangPoster film Dirty Vote. (dok. Istimewa)

Foksi juga pernah melaporkan sutradara dan tiga ahli hukum dalam film Dirty Vote ke polisi. Ada empat pihak terlapor yakni Dandhy Dwi Laksono, Bivitri Susanti, Feri Amsari, dan Zainal Arifin Mochtar pada Februari 2024.

Foksi menilai, film dokumenter yang membahas dugaan kecurangan Pemilu 2024 ini merugikan salah satu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). 

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam situs resminya mengungkapkan, Foksi sudah mendeklarasikan dukungan sejak November 2023 kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal itu diketahui lewat DPP Foksi melalui akun Instagram @santri_indonesia_2.0.

Baca Juga: Rocky Gerung Ungkap Cerita Gibran Menteri Bolak Balik Datang ke Solo

3. Soal pernyataan Rocky Gerung menteri sering bolak-balik Solo

Profil Foksi yang Laporkan Rocky Gerung soal Gibran Kerap Terima UangBedah buku berjudul "Merahnya Ajaran Bung Karno" karya Airlangga Pribadi (dok. PDIP)

Diberitakan, dalam sebuah acara dan di akun YouTube pribadinya, Rocky Gerung sempat mengungkapkan bahwa Gibran acap menerima uang dari para menteri yang berkunjung ke Solo. Pernyataan inilah yang memancing Foksi melaporkannya.

"Menurut saya ini tidak benar dan itu mengandung sebuah narasi yang sangat buruk dan juga menekankan untuk melihat, seolah-olah mau mengamputasi kepercayaan publik terhadap Gibran," kata Natsir.

Sebelumnya, Rocky mengungkapkan Gibran pernah mendatanginya untuk belajar. Dalam kesempatan itu, Gibran acap curhat mengenai beberapa hal dengan Rocky, termasuk soal menteri bolak-balik datang ke Solo.

"Tapi yang menarik adalah di balik suasana bercanda-bercanda, dia (Gibran) terangkan, dia bercerita bahwa 'kan saya di Solo bolak balik menteri datang tuh," beber Rocky Gerung.

Baca Juga: Kata Silfester Usai Ribut dengan Rocky Gerung: Mau Beri Shock Theraphy

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya