Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak Relevan

Dinilai kaburkan kasus penyiksaan

Intinya Sih...

  • LBH Padang membantah klaim Polda Sumbar yang menyatakan Afif (13) sebagai pelaku tawuran berdasarkan video dan percakapan, menyebutnya mengaburkan kasus penyiksaan.
  • Koordinator Advokasi LBH Padang, Diki Rafiqi, menegaskan bahwa fokus harus pada penyelesaian kasus penyiksaan dan bukan pada bukti tidak relevan.

Jakarta, IDN Times - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang buka suara soal klaim Polda Sumatra Barat (Sumbar) yang mengklaim telah berhasil mendapatkan barang bukti kuat yang menyatakan bahwa Afif Maulana (13) merupakan pelaku tawuran.

Sebelumya, Polda Sumbar mengungkapkan, barang bukti tersebut berupa percakapan dan video. Video dan foto yang dikantongi Polda Sumbar itu dinilai tidak ada hubungannya dengan penyebab Afif tewas.

Koordinator Advokasi LBH Padang, Diki Rafiqi, mengatakan, hal itu hanya mengaburkan kasus yang sebenarnya, yaitu terkait metode penegakan hukum oleh Polda Sumbar dalam dugaan penyiksaan Afif hingga tewas.

"Pertama, dalam hal ini gak ada hubungan jika Polda sudah mengantongi video dan foto, menurut saya gak ada hubungannya. Ini hanya mengaburkan kasus yang sebenarnya," kata dia kepada IDN Times, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Pemerintah Koordinasi Amankan Korban dan Saksi Lain di Kasus Afif

1. LBH belum lihat video dan foto tersebut

Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak RelevanPolisi di Padang duga aniaya anak sampai tewas. (lbhpadang.org)

Dia mengatakan, hingga saat ini pihak LBH Padang bahkan belum melihat materi bukti yang dimaksud oleh Polda Sumatrra Barat.

"Kami sampai saat ini belum melihat video dan foto tersebut sehingga perlu konfirmasi terkait metadata dari foto dan video itu," ujarnya.

LBH Padang menekankan pentingnya fokus pada penyelesaian kasus penyiksaan dan bukan pada bukti yang tidak relevan dengan substansi kasus.

Baca Juga: Polisi Memiliki Video Afif Maulana Bawa Pedang Ajak Tawuran

2. Kapolda klaim bukti didapat dari gawai Afif

Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak RelevanLBH Padang

Sebelumnya, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, mengatakan, bukti percakapan dan video itu didapatkan dari gawai Afif. Hal ini, kata dia, membuktikan Afif sebagai pelaku tawuran.

“Afif memang pelaku tawuran, HP-nya sudah saya cloning, sudah saya buka, kemarin seminggu kita kesulitan membuka HP-nya Afif karena kami gak tahu password. Begitu dicoba, ternyata tanggal lahir Afif itulah,” kata Suharyono saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Kapolda Sumbar: Andai Afif Maulana Menyerah, Gak Akan Mati

3. Polisi sebut dapat bukti percakapan dan video Afif bawa pedang

Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak RelevanKronologi Afif Maulana tewas diduga disiksa polisi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Usai gawai Afif berhasil dibuka, pertama polisi mendapatkan percakapan antara Afif Maulana dengan Adit. Dalam percakapan itu, disebutkannya, Afif mengajak Adit untuk tawuran.

“Memang yang mengajak tawuran itu malah Afif Maulana itu,” kata Suharyono.

Selanjutnya, polisi mendapati video Afif yang sedang membawa pedang panjang. Video itu diduga direkam sendiri oleh Afif.

"Menggambarkan bahwa Afif Maulana membawa pedang,” katanya.

Baca Juga: Kapolda Sumbar Pegang Inisial G Diduga Viralkan Kasus Afif Maulana

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya