Pesawat Gagal Terbang Akibat Tangki Bocor, Garuda Indonesia Buka Suara

Kunto Aji menunjukkan video bocornya tangki pesawat Garuda

Jakarta, IDN Times - Terjadi insiden kebocoran bahan bakar pada pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-174 rute Jakarta-Pekanbaru. Kebocoran bahan bakar avtur ini terekam dan dibagikan oleh musisi Kunto Aji.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, mengatakan pesawat maskapinya yang mengalami kebocoran adalah pesawat dengan jadwal keberangkatan dari bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 11.50 WIB, dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pada pukul 13.35 WIB.

"Sehubungan dengan adanya video yang beredar di media sosial terkait salah satu armada Garuda Indonesia yang mengalami tumpahan/luapan bahan bakar avtur di salah satu sisi bagian pesawat, dapat kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut merupakan GA-174 rute Jakarta - Pekanbaru dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II pukul 13.35 WIB," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (24/8/2024).

1. Kebocoran diketahui saat laksanakan prosedur verifikasi bahan bakar

Pesawat Gagal Terbang Akibat Tangki Bocor, Garuda Indonesia Buka SuaraTangkapan layar Instastory Kunto Adji, penumpang pesawat Garuda yang mengalami kebocoran tangki bahan bakar rute Jakarta menuju Pekanbaru. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Pesawat yang digunakan adalah armada PK-GFW. Garuda Indonesia menjelaskan bahwa temuan ini pertama kali diketahui oleh Pilot in Command (PIC) saat melakukan prosedur rutin verifikasi jumlah avtur dalam pesawat.

Sebelumnya, penyanyi Kunto Aji, yang merupakan salah satu penumpang pesawat ini, membagikan unggahannya melalui Instastory terkait kebocoran tangki pesawat di sisi sayapnya.

"Astagfirullah psawat gue bocor begini, untung ketahuan, gak jadi terbang," tulis Kunti Aji di Story Instagram pribadinya, Sabtu (24/8/2024).

Baca Juga: Penjelasan Tren Peringatan Darurat Garuda Biru yang Lagi Viral

2. PIC putuskan segera lakukan RTA

Pesawat Gagal Terbang Akibat Tangki Bocor, Garuda Indonesia Buka SuaraSuasana penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (9/8/2024). (IDN Times/Deti Mega P)

Prosedur itu merupakan bagian dari persiapan akhir sebelum pesawat lepas landas, dan merupakan bagian dari standar keselamatan penerbangan.

Setelah mendapati adanya indikasi tumpahan bahan bakar, serta menerima laporan visual dari salah satu penumpang, PIC memutuskan untuk segera melakukan Return to Apron (RTA) guna menjalani inspeksi menyeluruh.

"PIC segera mengambil keputusan untuk pesawat Return to Apron (RTA) guna melakukan inspeksi secara menyeluruh terkait temuan indikasi tumpahan atau luapan bahan bakar tersebut," kata dia.

3. Sebanyak 135 penumpang diterbangkan dengan pesawat pengganti

Pesawat Gagal Terbang Akibat Tangki Bocor, Garuda Indonesia Buka SuaraTangkapan layar Instastory Kunto Adji, penumpang pesawat Garuda yang mengalami kebocoran tangki bahan bakar rute Jakarta menuju Pekanbaru. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Sebanyak 135 penumpang GA-174 akhirnya diterbangkan kembali menggunakan pesawat pengganti PK-GMM pada pukul 14.00 WIB, dan dijadwalkan tiba pada pukul 15.45 WIB.

Kunto Aji pun kembali membagikan unggahan di Instastory.

"Alhamdulillah masih dikasih umur," kata Kunto Aji yang bersyukur lantaran selamat usai tanngki pesawat Garuda yang ditumpanginya bocor.

Baca Juga: Garuda Angkut 6,11 Juta Penumpang Selama Kuartal II-2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya