Peringatan Hari Ibu 2023, Kemen PPPA Gelar Acara Merayakan Perempuan

Akan hadirkan 7.000 perempuan berbagai profesi

Jakarta, IDN Times - Peringatan Hari Ibu (PHI) 22 Desember akan mengangkat tema utama “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju." Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengatakan, PHI adalah momentum bangsa untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia.

Momentum ini juga penting untuk memaknai kembali PHI sebagai tonggak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa dan negara.

“PHI bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi para perempuan selalu menjadi momen khusus, bukan saja sebagai peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu," kata Bintang dalam Konferensi Pers Kick Off PHI ke-95 Tahun 2023, Jumat (10/11/2023). 

"PHI sesungguhnya merupakan suatu bentuk apresiasi bagi semua perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” lanjut dia.

Baca Juga: Kasus Cabul Dukun di Cilacap, Kemen PPPA Ingatkan Warga Hati-Hati

1. Ada empat sub tema PHI ke-95

Peringatan Hari Ibu 2023, Kemen PPPA Gelar Acara Merayakan PerempuanKonferensi Pers Merayakan Perempuan (Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95, Jumat (10/11/2023) (Dok. KemenPPPA)

Pada pelaksanaan PHI ke-95 Tahun 2023, terdapat empat sub tema yang diangkat. Mulai dari Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempuan Peduli, hingga Perempuan dan Revolusi. 

Empat sub tema itu diambil untuk membingkai semangat dan gerakan perempuan yang selanjutnya akan didetailkan melalui kegiatan-kegiatan yang relevan sebagai rangkaian keseluruhan PHI ke-95 Tahun 2023.

Baca Juga: Komnas Perempuan Himpun Informasi dan Rekomendasi Terpidana Perempuan

2. Ada kegiatan Merayakan Perempuan, hadirkan 7.000 perempuan berbagai profesi

Peringatan Hari Ibu 2023, Kemen PPPA Gelar Acara Merayakan PerempuanMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Bintang Puspayoga dalam HUT ke-35 Wanita Hindu Dharma Indonesia “Perempuan Berdaya Mewujudkan Generasi Bebas Stunting, Cerdas dan Tangguh”, di Denpasar (Dok. Humas KemenPPPA)

Beberapa rangkaian peringatan Hari Ibu ke-95 adalah digelarnya kegiatan Merayakan Perempuan di Istora Senayan, Roadshow PHI di tiga kota, yaitu Manokwari pada 18 November 2023, Aceh pada 22 November 2023, dan Bali pada 16 Desember 2023.

Kemudian agenda Ziarah ke TMP Kalibata pada 14 Desember 2023, anjangsana mengunjungi para perempuan pejuang yang berjasa dalam kemerdekaan Indonesia, dan kegiatan lainnya.

“Ada yang spesial pada peringatan Hari Ibu ke-95. Mengingat PHI tahun ini bertepatan dengan tahun politik, di mana akan dilakukan pembatasan mobilisasi massa dalam jumlah banyak, Kemen PPPA akan menggelar kegiatan ‘Merayakan Perempuan’ di Istora Senayan pada 14 November 2023 sebagai Kick Off Peringatan Hari Ibu ke-95. Menghadirkan 7.000 perempuan dari berbagai profesi, kalangan dan usia, sebagai ekspose kemajuan perempuan, sebagai sumber daya potensial pembangunan,” katanya.

Baca Juga: Kemen PPPA Dorong Pembeli ke Tanah Abang Lewat Kejuaraan Tenis Meja

3. Kemen PPPA menggagas penyusunan buku 95 Perempuan Inspiratif

Peringatan Hari Ibu 2023, Kemen PPPA Gelar Acara Merayakan PerempuanMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menghadiri kegiatan bertajuk “Perempuan Berdaya, Perempuan Berbudaya, Indonesia Maju”. pada Minggu (30/10/2022). (dok. KemenPPPA)

Bintang berharap, melalui kegiatan Merayakan Perempuan, kekuatan perempuan sebagai pilar yang berkontribusi mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa bisa terlihat.

Selain itu, Kemen PPPA juga menggagas penyusunan buku 95 Perempuan Inspiratif yang bertujuan untuk mengangkat profil perempuan yang tangguh di bidangnya dan menginspirasi.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Ibu akan ditutup dengan tasyakuran sebagai Puncak PHI ke-95 yang akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023, bertempat di Gedung BRIN Jakarta.

Baca Juga: Anies-Cak Imin ke Banyuwangi, Disambut Ibu-ibu Pengajian

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya