Paspor Baru RI Warna Merah Putih, Kertasnya Bermotif 33 Kain Nusantara

Motif kain Nusantara melambangkan keragaman budaya etnis

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi resmi meluncurkan desain paspor baru Indonesia. Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim menjelaskan, desain kertas paspor terinspirasi dari banyaknya motif kain Nusantara. Ada 5.849 motif dan terpilih 33 desain di paspor untuk mewakili identitas bangsa.

“Motif kain Nusantara melambangkan keragaman budaya etnis, ras dan, golongan serta corak kehidupan berbangsa yang merupakan modal dalam mewujudkan cita-cita bernegara,” kata Silmy dalam konferensi pers saat launching Desain Baru Paspor Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Desain ini diperkenalkan pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024. Silmy menjelaskan, pergantian desain paspor dilakukan untuk memperkuat sistem keamanan sesuai standar Internasional Civil Aviation Organization (ICAO).

Warna paspor baru ini adalah merah dan putih, bagian merah untuk sampul dan putih untuk teksnya. Desain juga sudah diperkenalkan pada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly.

Pada aspek sejarah penggantian warna paspor sudah beberapa kali terjadi. Pada 1945 sampai 1958, warna paspor Indonesia abu-abu, kemudian tahun 1959 hingga 1995 itu warnanya berganti menjadi hijau. Kemudian pada tahun 2000 warna paspor Indonesia berganti ke biru kehijauan atau hijau kebiruan.

Baca Juga: Desain Baru Paspor RI, Warna Merah Putih Motif Kertas Kain Nusantara

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya