P2G Bakal Tagih Janji Prabowo Tambah Gaji Guru Rp2 Juta

Tagih janji itu sejam setelah Prabowo-Gibran dilantik

Intinya Sih...

  • Koordinator P2G menagih janji Prabowo-Gibran untuk menambah gaji guru sebesar Rp2 juta per bulan.
  • P2G menekankan bahwa penambahan gaji tersebut seharusnya tidak menjadi beban pada anggaran pemerintahan.

Jakarta, IDN Times - Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim mengingatkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto serta Gibran Rakabuming Raka bisa menepati janjinya menambah gaji para tenaga pengajar, yakni guru di Indonesia. Pihaknya menagih hal itu ketika Prabowo dan Gibran menduduki jabatannya nanti sebagai pemimpin negara.

"Tentu P2G Insyaallah akan langsung menagih janji politik Prabowo-Gibran, ya satu jam setelah Prabowo-Gibran dilantik," kata Satriwan dalam Kongres P2G melalui YouTube P2G seperti, dikutip Jumat (20/9/2024).

1. Sebut tak akan bebani APBN

P2G Bakal Tagih Janji Prabowo Tambah Gaji Guru Rp2 JutaKoordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim dalam Kongres P2G (YouTube/P2G)

P2G menagih janji politik pasangan tersebut untuk nemberikan tambahan gaji pada guru sebesar Rp2 juta per bulan. Menurutnya, penambahan nominal tersebut seharusnya tak jadi beban pada anggaran pemerintahan Prabowo dan Gibran.

"Tentu APBN tidak akan terkuras banyak begitu ya, untuk tambahan penghasilan ini," kata dia.

Baca Juga: 5 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia, Ada yang Miliaran!

2. Dorong pemberian gaji pada guru non-ASN

P2G Bakal Tagih Janji Prabowo Tambah Gaji Guru Rp2 JutaSalah satu guru SD Semarang menjajal VR. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Satriawan juga turut menyasar soal visi misi Prabowo dan Gibran. P2G mendorong adanya penetapan upah minimum pada guru non-ASN, bukan hanya untuk guru ASN saja.

"Karena janji tersebut sudah disampaikan di depan guru," ujarnya.

3. Bakal tambah gaji guru dan honorer

P2G Bakal Tagih Janji Prabowo Tambah Gaji Guru Rp2 JutaBaliho Prabowo-Gibran yang terpasang di Sragen, Jawa Tengah. (IDN Times/Larasati Rey)

Hal ini pernah disinggung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Hashim Djojohadikusumo terkait Janji Prabowo yang ingin menambah gaji guru dan guru honorer. Hasyim menjelaskan pasangan Prabowo-Gibran bakal menambah gaji guru dan honorer sebesar Rp2 juta per bulan yang disesuaikan dengan kondisi fiskal APBN.

"Ini juga secara pelan-pelan kita akan tanggulangi, tapi ini semua adalah kita sesuaikan dengan anggaran yang diatur pemerintah yang sekarang. Itu realita fiskal," kata Hashim dalam Dialog Nasional Program Makanan Bergizi, Sabtu (3/8/2024)

Baca Juga: Berapa Gaji Guru Honorer di Indonesia? Segini Kisarannya!

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya