Menteri PPPA: Penting Kepemimpinan Berintegritas untuk Cegah Korupsi

Tanggung jawab bersama untuk cegah korupsi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menekankan pentingnya kepemimpinan berintegritas sebagai kunci dalam pencegahan korupsi di lingkungan Kementerian PPPA. 

Dalam sambutannya pada Wirapaksi Ecosystem Builders (WEB) Forum Seri #1, Bintang menyatakan, nilai-nilai etika, transparansi, dan akuntabilitas harus ditanamkan kuat dalam setiap tindakan, guna mencegah kecurangan yang merugikan institusi dan masyarakat.

“Kepemimpinan yang berintegritas adalah kunci dalam pencegahan korupsi. Sebagai pemimpin, kita tidak hanya dituntut untuk menjadi visioner dan inspiratif, tetapi juga harus mampu menggerakkan tim untuk mencapai tujuan strategis yang telah ditetapkan,” kata Bintang dikutip Rabu (28/8/2024).

1. Tanggung jawab bersama untuk cegah korupsi

Menteri PPPA: Penting Kepemimpinan Berintegritas untuk Cegah KorupsiIlustrasi korupsi (IDN Times/Arief Rahmat)

Bintang menekankan pencegahan korupsi adalah tanggung jawab bersama yang harus diemban dengan penuh komitmen, untuk mencapai birokrasi yang bersih dan akuntabel. Inovasi dan kolaborasi, kata dia, sebagai kunci untuk mencapai target kinerja Kemen PPPA.

“Kita semua menyadari bahwa korupsi tidak hanya merusak kepercayaan masyarakat, tetapi juga menghambat kemajuan dan kesejahteraan yang seharusnya dapat kita wujudkan bersama,” ujarnya.

Ketika inovasi dan kolaborasi menjadi kunci mencapai target kinerja KemenPPPA, lanjut Bintang, maka sumber daya yang ada harus dimanfaatkan secara optimal.

Baca Juga: Menteri PPPA Soroti Ekonomi Perawatan di KTT Pemimpin Perempuan ASEAN

2. Momen perkuat komitmen ciptakan birokrasi bersih dan transparan

Menteri PPPA: Penting Kepemimpinan Berintegritas untuk Cegah KorupsiMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Perempuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ke-3/3rd Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Women Leaders’ Summit di di Vientiane, Lao (Dok. Humas KemenPPPA)

Pada forum yang bertema “Memperkuat Integritas, Mencegah  Korupsi: Menuju Birokrasi yang Akuntabel” tersebut, Bintang mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi aktif dan menegaskan pentingnya implementasi ide-ide yang telah dibahas dalam forum.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai forum untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam menciptakan birokrasi yang bersih, transparan, dan akuntabel di lingkungan Kemen PPPA,” kata Bintang.

Baca Juga: Menteri PPPA Buka Rakernas Majelis Alimat: Dorong Peran Muslimah

3. WEB Forum Seri #1 ini terdiri dari empat agenda utama

Menteri PPPA: Penting Kepemimpinan Berintegritas untuk Cegah KorupsiIlustrasi maling. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, Inspektur Kemen-PPPA, Fakih Usman, mengungkapkan forum ini fokus pada pembangunan ekosistem yang kuat di lingkungan Kemen-PPPA, melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk mengatasi berbagai permasalahan, termasuk korupsi, kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta isu sosial lainnya.

“Permasalahan yang dihadapi Kemen PPPA tidak dapat diselesaikan secara parsial. Kita perlu melibatkan banyak pihak dalam satu ekosistem yang saling mendukung,” kata dia.

WEB Forum Seri #1 terdiri dari empat agenda utama: Inspirational Sharing Session, Ecosystem Builders Session, Leaders Talk, dan Minister closing remark, dengan fokus pada kepemimpinan berintegritas dan pencegahan korupsi di lingkungan Kemen PPPA.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya