Menkominfo: Transformasi Digital di G20 Jadi Bahasan Pemimpin Dunia

Pemimpin dunia bahas transformasi digital yang inklusif

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menjelaskan, ada tiga isu prioritas dalam transformasi digital atau kelompok kerja ekonomi digital di Presidensi G20 Indonesia. Tiga hal yang dimaksud Johnny mulai dari konektivitas dan skill digital.

"Kedua adalah literasi digital, dan isu ketiga adalah arus data lintas-batas," kata Johnny kepada IDN Times.

"Kita mengerti bahwa digitalisasi membantu dunia untuk melawan dan mengalahkan pandemik COVID-19," sambungnnya, di sela-sela agenda KTT G20, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Baca Juga: Presiden Dewan Eropa Puji Kepemimpinan Jokowi di G20

1. Tekanan di berbagai sektor dunia

Menkominfo: Transformasi Digital di G20 Jadi Bahasan Pemimpin DuniaWisatawan mengunjungi area Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, Kamis (3/11/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Menurut Johnny, ketika banyak sektor yang mengalami tekanan, sektor digital bisa tumbuh berkali-kali lipat di saat yang sama. 

"Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia," ujarnya.

Baca Juga: 2 Ribu Jurnalis Liput G20 di Bali, Kominfo Soroti Media Center

2. Pemimpin dunia dan persiapan digitalisasi

Menkominfo: Transformasi Digital di G20 Jadi Bahasan Pemimpin DuniaEditor in Chief IDN Times, Uni Lubis, menyerahkan buku 1000 Aspirasi untuk Indonesia ke Menkominfo Johnny G Plate di Sela agenda B20 Summit, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Menyadari hal tersebut, para pemimpin sekarang membahas bagaimana menyiapkan digitalisasi, kemudian melakukan transformasi digital di dunia, yang dapat memberikan manfaat bagi setiap orang.

Indonesia saat ini tengah menggelar hajatan penting yakni Presidensial G20, yang sudah dimulai sejak 1 Desember 2021 hingga KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022. 

3. Mengenal G20

Menkominfo: Transformasi Digital di G20 Jadi Bahasan Pemimpin DuniaPresiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). (ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay)

G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional, yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia dan terdiri dari 19 negara dan 1 organisasi Uni Eropa.

G20 merupakan representasi lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. 

Negara anggota G20 adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, dan Turki.

Baca Juga: Jokowi Sambut Kepala Negara di G20, Istana: Tak Ada Persiapan Khusus

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya