Menkominfo: 1 Dirjen dan 39 ASN Kominfo Kerja di IKN Mulai Juli 2024

Dirjen PPI yang akan berkantor pertama dari Kemkominfo

Intinya Sih...

  • Kementerian Kominfo akan kirim 39 ASN ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur
  •  
  • Pemerintah akan memindahkan ASN ke IKN secara bertahap, dimulai Juli 2024

Jakarta, IDN Times - Proses masuknya unsur pemerintahan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Tiimur telah dimulai. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mengirimkan sekitar 39 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bekerja di sana.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan, Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Wayan Toni Supriyanto juga akan berkantor di IKN  pada tahap pertama.

“Kita (Kementerian Kominfo) satu dari 10 kementerian yang bulan Juli harus ke IKN, sudah ada 39 orang yang akan berangkat ke sana bersama, salah satu dirjen, yaitu Dirjen PPI, Pak Wayan,” kata dia usai Buka Puasa bersama Wartawan Kominfo di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024) malam.

Baca Juga: Presiden Baru RI Bakal Dilantik di IKN

1. Penempatan Dirjen PPI sesuai dengan urusan telekomunikasi

Menkominfo: 1 Dirjen dan 39 ASN Kominfo Kerja di IKN Mulai Juli 2024Menkominfo Budi Arie Setiadi saat agenda buka puasa bersama di kantor Kominfo, Rabu (3/4/2024) malam (IDN Times/Lia Hutasoit)

Budi Arie menjelaskan, penempatan pejabat Tinggi Madya Kementerian Kominfo sesuai dengan kebutuhan untuk penyelenggaraan telekomunikasi yang dilaksanakan Direktorat Jenderal PPI.

“Eselon I baru satu orang, pertimbangannya karena banyak infrastruktur termasuk yang menyangkut telekomunikasi urusannya Pak Wayan di Direktorat Jenderal PPI yang mengurus di sana juga,” ujar dia.

Baca Juga: Bos-Bos OJK Mulai Berkantor di IKN Tahun Ini

2. Bertahap dikirim ke IKN

Menkominfo: 1 Dirjen dan 39 ASN Kominfo Kerja di IKN Mulai Juli 2024Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara rapat kerja dengan Komisi II DPR RI. (IDN Times/Trio Hamdani)

Dia menjelaskan, pemerintah akan memindahkan ASN ke IKN secara bertahap. Tahap pertama dimulai pada Juli 2024 mendatang.

“Jadi untuk dirjen yang akan berangkat bulan Juli baru satu saja, selanjutnya bertahap pengembangan dari (kebutuhan) di IKN itu sendiri,” ucap dia.

Selain Kementerian Kominfo, ada sembilan kementerian dan lembaga yang akan memindahkan ASN-nya ke IKN pada awal semester II tahun ini. 

3. BKN petakan 121.626 PNS yang akan pindah ke IKN

Menkominfo: 1 Dirjen dan 39 ASN Kominfo Kerja di IKN Mulai Juli 2024Ilustrasi. PNS/ASN (IDN Times/Daruwaskita)

Sementara itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah melakukan penilaian kompetensi terhadap ASN, baik pegawai negeri sipil (PNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yang akan dipindahkan ke IKN Nusantara.

Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto telah menerima data dari pusat penilaian kompetensi terkait pemetaan penilaian potensi dan kompetensi ASN.

Data tersebut mencantumkan target jumlah ASN pusat yang akan dinilai potensi dan kompetensinya. Pada 2022, targetnya adalah 20.000 PNS, 2023 sejumlah 60.000 PNS, dan 2024 sejumlah 40.000 PNS.

"Kemudian capaiannya untuk tahun 2022 itu sudah dilakukan pemetaan penilaian potensi dan kompetensi itu sebanyak 22.436 PNS, yang kedua tahun 2023 itu kurang lebih 96.760 PNS, kemudian tahun 2024 sampai dengan Februari ini. Karena ini masih berlangsung, itu sejumlah 2.430 PNS,” tutur dia dalam konferensi pers, Selasa (19/3/2024).

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya