Menkes Desak Pemda Bayar TPP Nakes di RSUD Jayapura 

Nakes punya hak atas hak TPP

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendesak Pemerintah Daerah Papua bisa membayarkan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi tenaga kesehatan di RSUD Jayapura.

Budi mengatakan, sesuai dengan amanat Undang Undang Otonomi Daerah, pemberian TPP adalah kewajiban pemerintah. Tenaga medis dan tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan daerah punya hak atas hal tersebut.

“UU Otonomi Daerah mengamanatkan semua urusan kesehatan di daerah adalah tanggung jawab kepala daerah, bukan tugas Kemenkes untuk memberikan tambahan penghasilan,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu (11/10/2023).

1. Penentuan standar jasa pelayanan dari setiap profesi kesehatan

Menkes Desak Pemda Bayar TPP Nakes di RSUD Jayapura ilustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Budi mengungkapkan, Kemenkes sudah turun gunung berupaya menyelesaikan masalah ini. Kemenkes kata Budi baka berupaya memperjuangkan hak tenaga kesehatan lewat koordinasi dengan Kementerian teknis terkait.

Dia mengatakan, sudah berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menentukan standar jasa pelayanan dari setiap profesi kesehatan. Hal ini nantinya bisa dijadikan sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam memberikan TPP.

“Kita atur supaya pembagian TPP bisa lebih adil. Saya akan membuat sistemnya transparan melalui panduan yang akan disusun oleh Kemenkes,” katanya.

Baca Juga: Kemenkes: UU Kesehatan Jamin Hak dan Kewajiban Nakes, Termasuk Gaji

2. TPP sebagai tambahan penghasilan atas beban kerja dan tempat tugas

Menkes Desak Pemda Bayar TPP Nakes di RSUD Jayapura ilustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Fauzan)

TPP merupakan tambahan penghasilan yang diberikan kepada pegawai berdasarkan beban kerja dan tempat tugas. Besarannya pun ditentukan oleh Pemda setempat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Papua sendiri masuk dalam lima besar pemerintah daerah dengan APBD Tertinggi setelah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

3. Budi turut pastikan sarana prasarana kesehatan di Papua

Menkes Desak Pemda Bayar TPP Nakes di RSUD Jayapura Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Budi berkunjung ke Jayapura, Papua pada hari ini. Dalam lawatannya ke Papua, Budi juga ingin memastikan sarana prasarana fasilitas pelayanan kesehatan tersedia, agar layanan kesehatan bagi masyarakat Papua terjamin dan terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Ribuan Nakes Ancam Mogok, Menkes: Sampaikan Secara Intelektual 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya