LBH Padang Tepis Tuduhan Kapolda Sumbar soal Afif Pegang Pedang

Bukan pedang tapi teralis

Intinya Sih...

  • LBH Padang melakukan investigasi kematian Afif Maulana, menemukan fakta bahwa Afif tidak memegang pedang tapi teralis jendela.
  • Gambar yang menunjukkan Afif memegang pedang ternyata adalah teralis jendela yang dikirim kepadanya oleh seorang anak dengan perangkat telepon seluler.
  • Polda Sumbar mengklaim memiliki barang bukti kuat bahwa Afif merupakan pelaku tawuran, termasuk percakapan dan video. Foto yang dipublikasikan Kapolda Sumbar juga menunjukkan Afif memegang pedang.

Jakarta, IDN Times - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang melakukan investigasi pada kasus kematian Afif Maulana. Dia adalah bocah 13 tahun yang tewas dan jenazahnya ditemukan di Jembatan Kuranji, Padang, Sumatra Barat.

Direktur LBH Padang, Indira Suryani mengungkapkan sejumlah temuan fakta dalam kasus ini usai mereka lakukan investigasi, salah satunya adalah pernyataan Kapolda Sumatra Barat Irjen Suharyono yang mengatakan bahwa Afif memegang pedang.

“Atas tuduhan tersebut, fakta-fakta yang kami dapat sebagai berikut. AM bukan memegang pedang tapi teralis jendela yang tengah diperbaiki di dekat rumah ayah AM di Indarung,” kata Indira, Selasa (23/7/2024).

1. Gambar disebut diambil pada April atau Mei

LBH Padang Tepis Tuduhan Kapolda Sumbar soal Afif Pegang PedangKronologi Afif Maulana tewas diduga disiksa polisi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Temuan LBH Padang menyatakan bahwa gambar yang ada itu dipotret oleh anak A dengan perangkat telepon seluler milik F dan dikirim ke Afif Maulana.

Gambar itu, kata Indira diambil pada sekitar akhir April dan awal Mei jauh sebelum waktu kejadian pada Juni 2024. 

Baca Juga: CEK FAKTA: Foto Afif Pegang Pedang Diambil Jauh Sebelum Peristiwa

2. Belum bisa cek metadata foto AM

LBH Padang Tepis Tuduhan Kapolda Sumbar soal Afif Pegang PedangPP Muhammadiyah Resmi Surati Kapolri Minta Ekshumasi Afif Maulana (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dia juga menjelaskan, teralis tersebut dibaluti oleh kain bendera salah satu partai berwarna kuning dan difoto konteks bergaya saja. 

“Kami belum bisa mengecek metadata foto karena handphone AM dalam penguasaan polisi,” katanya.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Desak Kapolri Ambil Alih Kasus Afif Maulana

3. Polda sumbar klaim pegang bukti Afif terlibat tawuran

LBH Padang Tepis Tuduhan Kapolda Sumbar soal Afif Pegang PedangAksi unjuk rasa di depan kantor Polda Sumbar menuntut kasus AM agar dituntaskan. (www.instagram.com/@formmasumbar)

Polda Sumbar mengklaim telah berhasil mendapatkan barang bukti kuat yang menyatakan bahwa Afif Maulana merupakan pelaku tawuran. Barang bukti tersebut berupa percakapan dan video.

Kapolda Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono mempublikasikan foto Afif Maulana (13) yang sedang memegang pedang dengan wajah diblur. 

Dalam foto tersebut, Afif mengenakan jaket berwarna dengan garis kuning, biru, dan putih serta celana pendek hitam.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya