LBH Belum Lihat Klaim Polda Sumbar soal Bukti Afif Pegang Pedang

Perlu ada konfirmasi meta data bukti itu

Intinya Sih...

  • LBH Padang belum melihat bukti kuat dari Polda Sumbar terkait pelaku tawuran Afif Maulana.
  • Menurut Koordinator Advokasi LBH Padang, bukti percakapan dan video hanya mengaburkan kasus sebenarnya.
  • LBH Padang meminta konfirmasi lebih dalam terkait metadata dari foto dan video yang diduga menjadi bukti tawuran.

Jakarta, IDN Times - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, mengatakan belum melihat bukti kuat yang diklaim Polda Sumatra Barat (Sumbar) bahwa Afif Maulana merupakan pelaku tawuran. Polda Sumbar mengungkapkan barang bukti tersebut berupa percakapan dan video.

“Belum (melihat), malah diperlihatkan hanya saat live di stasiun televisi saja,” kata Koordinator Advokasi LBH Padang, Diki Rafiqi, kepada IDN Times, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga: Kemen PPPA Dorong Amankan Saksi A di Kasus Afif Maulana

1. Tak ada hubungannya dan malah kaburkan kasus yang sebenarnya

LBH Belum Lihat Klaim Polda Sumbar soal Bukti Afif Pegang PedangKonferensi pers pengungkapan kasus tewasnya Afif Maulana (13) anak yang diduga disiksa oleh anggota Polda Sumatera Barat di kantor YLBHI, Jakarta, Selasa (2/7/2024) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Diki mengatakan, hal itu juga tidak ada hubungannya dengan inti permasalahan, yaitu penyebab Afif tewas. Justru, kata dia, hal itu hanya mengaburkan kasus yang sebenarnya, yaitu terkait metode penegakan hukum oleh Polda Sumbar yang diduga melakukan penyiksaan.

"Dalam hal ini gak ada hubungan jika polda sudah mengantongi video dan foto, menurut saya gak ada hubungannya. Ini hanya mengaburkan kasus yang sebenarnya," kata dia.

Baca Juga: Polisi Klaim Pegang Bukti Afif Bawa Pedang, LBH Padang: Tak Relevan

2. LBH Padang sebut perlu ada konfirmasi metadata bukti itu

LBH Belum Lihat Klaim Polda Sumbar soal Bukti Afif Pegang PedangKronologi Afif Maulana tewas diduga disiksa polisi. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebab hingga saat ini pihak LBH Padang belum melihat materi bukti yang dimaksud oleh Polda Sumatra Barat, maka perlu ada konfirmasi lebih dalam.

"Kami sampai saat ini belum melihat video dan foto tersebut sehingga perlu konfirmasi terkait metadata dari foto dan video itu," kata dia.

Baca Juga: Kronologi Afif Maulana Tewas Versi Kompolnas, Ajak Teman Lompat Sungai

3. Kapolda klaim bukti didapat dari gawai Afif

LBH Belum Lihat Klaim Polda Sumbar soal Bukti Afif Pegang PedangKapolda Sumatra Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono. Doc IDN Times

Sebelumnya, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, mengatakan, bukti percakapan dan video itu didapatkan dari gawai Afif. Hal ini, kata dia, membuktikan Afif sebagai pelaku tawuran.

“Afif memang pelaku tawuran, HP-nya sudah saya cloning, sudah saya buka, kemarin seminggu kita kesulitan membuka HP-nya Afif, karena kami gak tahu password, begitu dicoba, ternyata tanggal lahir Afif itulah,” kata Suharyono saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Usai gawai Afif berhasil dibuka, polisi mendapatkan percakapan antara Afif Maulana dengan Adit. Dalam percakapan itu, Afif mengajak Adit untuk tawuran.

“Memang yang mengajak tawuran itu malah Afif Maulana itu,” kata Suharyono.

Baca Juga: Polisi Memiliki Video Afif Maulana Bawa Pedang Ajak Tawuran

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya