Komnas PA: Ayah Korban Tak Tahu Putranya Dilecehkan 

MR adalah anak pertama, dia punya adik usia lima bulan

Jakarta, IDN Times - Kasus kekerasan seksual pada balita oleh ibu kandung di Banten ternyata tidak diketahui oleh ayah korban. Hal ini diungkap oleh Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) yang telah menemui R (22) dan putranya MR.

Ketua dewan pengurus bidang sosialisasi, edukasi, dan promosi hak anak, Komnas PA yakni Lia Latifah mengatakan suami pelaku tidak tahu istrinya merekam perbuatan pelecehan itu.

"Jadi sebenarnya suaminya itu gak tahu. Karena bikin video itu dia (istri) sendiri. Dia (istri) yang memasangkan kamera itu sendiri Jadi si suami ini memang gak tau," kata dia kepada IDN Times, Selasa (4/6/2024).

1. MR adalah anak pertama, dia punya adik usia lima bulan

Komnas PA: Ayah Korban Tak Tahu Putranya Dilecehkan Komnas Perlindungan Anak melakukan penjangkauan pada anak korban kekerasan seksual oleh ibu kandung asal Banten (instagram.com/komnasanak)

Korban diketahui sebagai anak pertama. MR memiliki adik yang baru berusia lima bulan saat ini. Usia MR juga belum genap empat tahun, dia akan berulang tahun pada November yang akan datang.

"Nah, jadi sebenarnya ini suaminya ada, suaminya bekerja, suaminya bekerja sebagai pengamen," katanya

Baca Juga: Komnas PA: Ibu yang Lecehkan Anak di Banten Mendapat Ancaman

2. R mendapat ancaman foto bugilnya disebar

Komnas PA: Ayah Korban Tak Tahu Putranya Dilecehkan Komnas Perlindungan Anak melakukan penjangkauan pada anak korban kekerasan seksual oleh ibu kandung asal Banten (instagram.com/komnasanak)

Memang belakangan terungkap bahwa R melakukan pelecehan pada putra kandungnya karena ancaman. Rekaman yang tersebar dibuat pada 2023 usai dia diancam akan disebar foto telanjangnya.

Awalnya R berkenalan dengan seseorang di media sosial Facebook, usai menjalin komunikasi dia diimingi uang dengan catatan si terduga pelaku ini bahwa dia harus mengikuti arahan-arahan untuk memotret diri tanpa busana. Usai foto tersebut sudah dikirimkan, uang yang dijanjikan malah tak ada. R diblok oleh akun tersebut dan tiba-tiba ada yang mengubunginya.

Hingga tiba-tiba ada orang lagi yang mengubunginya dan mengancam akan menyebar foto bugilnya jika R tidak mengikuti arahannya. Alhasil dia merekam dirinya tengah melecehkan sang putra.

"Nah, 2023 itu dia karena sudah mulai ada ancaman terus kemudian dia baru bercerita sama si suaminya," kata dia.

3. Video tersebar tanpa mereka tahu

Komnas PA: Ayah Korban Tak Tahu Putranya Dilecehkan lustrasi kekerasan pada perempuan dan anak. (IDN Times/Nathan Manaloe)

Kasus ini memang sudah dilaporkan ke Polisi, namun saat masih berproses, Lia mengatakan videonya malah viral pada 2024.

"Dari pihak pedofil Nah, tiba-tiba viral di 2024 ini. Mungkin dari salah seorang pedofil itu. Ada yang menyebarkan ya," kata dia.

Rekaman itu tersebar tanpa sepengetahuan mereka.

Baca Juga: Komnas PA Temui Anak Korban Pelecehan Ibu Kandung, Begini Kondisinya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya