KemenPPPA Dorong Forum GenRe Aktif Edukasi Kesehatan Reproduksi

Jelang akhir jabatannya, Bintang ingatkan soal perjuangan

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, berharap Forum Generasi Berencana (GenRe) dapat berperan sebagai role model bagi remaja di Indonesia.

Dia juga berharap Forum GenRe bisa jadi contoh bagi remaja Indonesia. Forum itu adalah wadah berkumpulnya remaja yang aktif membahas berbagai edukasi soal keluarga, seks bebas, hingga pernikahan usia dini.

“Saya apresiasi kiprah remaja-remaja yang tergabung dalam Forum GenRe yang selama ini terlibat aktif melakukan edukasi kepada remaja dan masyarakat, tentang pentingnya kesehatan reproduksi, perencanaan keluarga, serta pencegahan perilaku berisiko seperti seks bebas, pernikahan dini, dan penyalahgunaan narkoba. Isu-isu ini adalah isu penting yang dihadapi dan ada di sekeliling remaja Indonesia," kata dia, Rabu (25/9/2024).

1. Berbagi pengalaman dan gagasan dengan pemerintah

KemenPPPA Dorong Forum GenRe Aktif Edukasi Kesehatan ReproduksiMenteri PPPA, Bintang Puspayoga dalam agenda Wirapaksi Ecosystem Builders (WEB) Forum Seri #1 dengan tema “Memperkuat Integritas, Mencegah Korupsi: Menuju Birokrasi yang Akuntabel”. (Dok. Humas KemenPPPA)

Bintang berharap para remaja ini tak lelah mengedukasi kesehatan reproduksi bagi remaja lainnya di Indonesia. Edukasi yang dilakukan di tingkat akar rumput penting untuk membentuk remaja yang sehat, cerdas, dan berencana.

"Jangan lelah untuk terus berbagi pengalaman dan gagasan dengan pemerintah, sehingga bisa bersama-sama merumuskan solusi atas isu-isu yang dihadapi remaja dan masyarakat. Bunda sangat yakin bahwa tugas kalian adalah tugas yang sangat mulia dan berdampak besar pada masyarakat. Pengalaman-pengalaman kalian di lapangan sangat berharga untuk didengar dan dijadikan bahan diskusi,” katanya.

Baca Juga: Kemen PPPA Dorong Sekolah Beri Edukasi Kesehatan Reproduksi Anak

2. GenRe telah terbentuk di setiap desa di Bali

KemenPPPA Dorong Forum GenRe Aktif Edukasi Kesehatan ReproduksiMenteri PPPA, Bintang Puspayoga kunjungi para korban kekerasan seksual oleh guru ngaji di Purwakarta, Jawa Barat. (dok.Humas KemenPPPA)

Perwakilan Forum GenRe Kabupaten Badung, Bali, Bayu Siwi, menjelaskan organisasinya telah terbentuk di setiap desa di Bali. Bayu berharap Forum GenRe dapat bekerja sama dengan Kemen PPPA, memiliki hubungan baik dengan pemerintah daerah dan bersinergi dengan berbagai dinas di daerah.

Pada acara Ajang Kreativitas Remaja Generasi Berencana Nasional (Adujaknas) yang digelar 20 September 2024, Forum GenRe Badung mendapatkan predikat Duta GenRe Berbakat.

Baca Juga: Cara BKKBN Penuhi Hak Kesehatan Reproduksi dan Turunkan Stunting 

3. Jelang akhir jabatannya, Bintang ingatkan soal perjuangan

KemenPPPA Dorong Forum GenRe Aktif Edukasi Kesehatan ReproduksiMenteri Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengunjungi korban TPPO di Rumah SAPA, Lampung (dok. KemenPPPA)

Sementara menjelang akhir masa jabatannya, Bintang menyampaikan rasa terima kasih kepada Forum GenRe atas dukungan dan kerja sama selama memimpin Kemen PPPA.

Bintang mengingatkan meski pun masa jabatannya akan segera berakhir, perjuangan untuk pemenuhan hak perempuan dan anak harus terus dilanjutkan. Dia menegaskan suara remaja dalam Forum GenRe sangat berharga untuk mencapai Indonesia yang lebih adil dan maju.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya