Kemen PPPA Dorong Pembeli ke Tanah Abang Lewat Kejuaraan Tenis Meja

Minta para pedagang juga mau tingkatkan literasi digital

Jakarta, IDN Times - Dalam upaya pemberdayaan pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar kejuaraan tenis meja dengan tema 'Perempuan Peduli Pedagang.'

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, mengatakan, acara tersebut hanya sarana yang digunakan sebagai bentuk kepedulian kepada para pedagang di Tanah Abang. Namun, saat ini kondisi pasar tengah sepi karena banyak pembeli yang beralih dengan berbelanja online.

"Kita melihat omzetnya sudah jauh menurun beberapa tahun belakangan ini. Mudah-mudahan dengan event 3 hari ini, menggunakan voucher belanja yang bisa digunakan sampai 31 Oktober (kembali ramai pembeli)," kata Bintang saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Blok B, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Kemen PPPA dan MUI Dorong Terciptanya Pesantren Ramah Anak

1. Dorong masyarakat belanja di pasar Tanah Abang

Kemen PPPA Dorong Pembeli ke Tanah Abang Lewat Kejuaraan Tenis MejaAgenda "Perempuan Peduli Pedagang" di Pasar Tanah Abang, Blok B, Jakarta Pusat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Para peserta kejuaraan tenis meja tersebut akan menerima hadiah berupa voucher yang bisa digunakan untuk berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Bintang berharap, upaya ini bisa menyuntik datangnya konsumen dari hadiah yang disediakan.

Adapun gelaran tersebut diikuti oleh PIMTI Perempuan Kementerian dan lembaga, CEO perempuan dan organisasi perempuan, dan perempuan antar-kementerian dan lembaga.

Baca Juga: Tanah Abang Digerus Pasar Digital, ini Saran Wapres ke UMKM

2. Tingkatkan pengetahuan digital

Kemen PPPA Dorong Pembeli ke Tanah Abang Lewat Kejuaraan Tenis MejaMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga dalam agenda "Perempuan Peduli Pedagang" di Pasar Tanah Abang, Blok B, Jakarta Pusat (IDN Times/Lia Hutasoit)

Bintang berharap, para pedagang di Tanah Abang bisa semakin kenal dengan model perdagangan secara daring dan mau meningkatkan pengetahuan digital.

"Kami harapkan juga para pedagang yang ada di Tanah Abang ini meningkatkan pengetahuannya dalam digitalisasi. Para pedagang juga harus mengikuti perkembangan jaman karena jamannya sekarang tidak hanya kita bisa penjualan secara langsung, penjualan daring juga menjadi penting," katanya.

Baca Juga: Marak Kasus Kekerasan Anak, Kemen PPPA: Orangtua Harus Jadi Panutan 

3. Edukasi para pedagang

Kemen PPPA Dorong Pembeli ke Tanah Abang Lewat Kejuaraan Tenis MejaMenteri PPPA, Bintang Puspayoga (IDN Times/Aryodamar)

Selain itu, Bintang juga berharap agar kegiatan ini bisa membuka strategi dan transformasi pedagang Tanah Abang untuk meningkatkan ekonominya. Disamping mereka turut beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Makanya kami sampaikan selain turnamen, kita juga ada edukasi kepada para pedagang di sini yang kita bergandengan tangan dengan lintas stakeholder yang ada," katanya.

Baca Juga: Dugaan Korupsi LNG, Dirut Pertamina Nicke Widyawati Dipanggil KPK

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya