Kapolri Mutasi 60 Personelnya, Irjen Achmad Kartiko Jadi Kapolda Aceh

Rotasi ini terdiri dari 60 pati dan pamen

Jakarta, IDN Times - Kapolri jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi dan rotasi terhadap sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Mutasi itu tercantum dalam Surat Telegram dengan nomor ST/2163/IX/KEP./2023 dan ST/2164/IX/KEP./2023 tertanggal 26 September 2023.

"Total, 60 personel yang mutasi," kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangannya, Rabu (27/9/2023).

1. Kapolda Aceh pensiun, digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko

Kapolri Mutasi 60 Personelnya, Irjen Achmad Kartiko Jadi Kapolda AcehKapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) mengucapkan selamat kepada para perwira tinggi Polri yang naik pangkat usai upacara kenaikan pangkat di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/10/2020). (ANTARA/ HO-Polri)

Dalam mutasi kali ini, Kapolda Aceh yang sebelumnya dijabat Irjen Ahmad Haedar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko yang menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri dan ditugaskan sebagai Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI.

Keputusan Listyo menunjuk Irjen Achmad Kartiko, karena Irjen Ahmad Haedar sudah memasuki masa pensiun.

Baca Juga: Kapolri Mutasi Kapolda Aceh, Diganti Achmad Kartiko

2. Wakapolda Aceh kini dijabat oleh Kombes Armia Fahmi

Kapolri Mutasi 60 Personelnya, Irjen Achmad Kartiko Jadi Kapolda AcehIlustrasi Pelantikan Polisi (Dok. ANTARA News)

Selain Kapolda Aceh, ada dua jabatan Wakapolda yang mengalami mutasi. Pertama, Wakapolda Aceh yang sebelumnya dijabat Brigjen Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Pol Armia Fahmi. Brigjen Syamsul dimutasi karena memasuki masa pensiun.

3. Brigjen Awi Setiyono kini jadi Wakapolda NTT

Kapolri Mutasi 60 Personelnya, Irjen Achmad Kartiko Jadi Kapolda AcehKepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Awi Setiyono (Dok. Humas Polri)

Wakapolda NTT Brigjen Heri Sulistianto yang juga memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Awi Setiyono. Dia saat ini menjabat sebagai wakil gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

"Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

Baca Juga: Polri Terbitkan Empat SKCK Bacapres dan Bacawapres untuk Pilpres 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya