Kapal yang Angkut Material BTS Bakti Kominfo Hilang Kontak

Kapal mengangkut 12 orang

Jakarta, IDN Times - Kapal LCT Cita XX diketahui hilang kontak saat mengangkut material BTS Bakti Kominfo. Melansir dari ANTARA, kapal ini berangkat dari Timika, Papua pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 05.43 WIT, dan harusnya tiba di Yahukimo pada Kamis, 18 Juli 2024.

Direktur Utama BLU Bakti Kominfo Fadhilah Mathar mengatakan, kapal ini diketahui hilang kontak sejak Rabu, 17 Juli 2024. 

1. Kapal mengangkut 12 orang

Kapal yang Angkut Material BTS Bakti Kominfo Hilang KontakKapal di Pelabuhan Lembar Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Fadhilah menjelaskan material BTS yang diangkut yakni tower, power, dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G Bakti Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Selain muatan BTS, kapal tersebut juga mengangkut 12 orang di dalamnya.

Baca Juga: Seorang Pendaki Gunung Batukaru di Bali Hilang Kontak

2. Kapal Cita XX tak melaju dan ada dalam posisi mengambil di pinggiran

Kapal yang Angkut Material BTS Bakti Kominfo Hilang KontakDirektur Utama BAKTI Kementerian Kominfo, Fadhilah Mathar (dok. Kominfo)

Kapal dengan jenis LCT GT 145 itu diketahui terkahir berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas bersamaan pada Selasa, 16 Juli 2024.

Dari informasi yang diutarakan awak Kapal Prima Jaya, Kapal Cita XX tak melaju dan ada dalam posisi mengambil di pinggiran.

Baca Juga: 3 Terdakwa Korupsi BTS BAKTI Kominfo Terima Vonis Hari Ini

3. Tim SAR sudah berangkat menuju perairan distrik pulau tiga

Kapal yang Angkut Material BTS Bakti Kominfo Hilang Kontakilustrasi gunung bawah laut (unsplash.com/Alex Gorham)

Terbaru, Fadhilah menjelaskan, pihaknya masih terus melakukan pencarian gabungan yang melibatkan semua pihak yang memiliki informasi dan kapabilitas pencarian SAR.

"Senin pagi, 22 Juli 2024, pukul 08.05 WIT, telah berangkat tim SAR gabungan menuju perairan Distrik Pulau Tiga," kata dia dalam keterangannya, Senin.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya