Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Pemprov Kaltim: Akses Jalan Memadai 

Hotel sudah dinyatakan full booked

Intinya Sih...

  • Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi lokasi perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus.
  • Infrastruktur di IKN, termasuk akses jalan dan bandara, sudah memadai untuk para tamu yang akan hadir.

Jakarta, IDN Times - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) sedang mempersiapkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai lokasi pelaksanaan upacara bendera HUT ke-79 RI pada 17 Agustus nanti. Ini adalah momen pertama HUT RI dilaksanakan di IKN.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, mengatakan, persiapan infrastruktur di IKN, salah satunya adalah jalan, sudah memadai.

“Dari akses infrastruktur relatif, untuk kondisi jalan itu sudah sangat memadai,” kata dia dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: Otorita IKN Siapkan Fasilitas Umum Menyambut HUT ke-79 RI

1. Akses ke IKN lewat tol kilometer 38 Balikpapan

Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Pemprov Kaltim: Akses Jalan Memadai Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Kamis (18/7/2024). (Youtube/FMB91D_IKP)

Dia menjelaskan, akses ke IKN bisa melalui tol kilometer 38 Balikpapan menuju ke Sepaku yang memakan waktu sekitar 80-90 menit. Kondisi jalan, kata dia, sudah baik dan telah banyak digunakan berbagai pihak menuju IKN.

Jalan dari bandara juga disebutkannya sudah baik. Bahkan, pihak bandara memberikan ruang publikasi hingga area-area yang tidak bisa diakses, menyediakan titik penjemputan, dan lainnya.

Baca Juga: Jokowi Kantongi Kerja Sama Pengembangan IKN hingga Nuklir dari UEA

2. Hotel sudah dinyatakan full booked

Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Pemprov Kaltim: Akses Jalan Memadai Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bersama rombongan meninjau lokasi pembangunan Kodim IKN (IDN Times/Ervan)

Sri Wahyuni juga mengklaim kondisi permintaan akomodasi seperti penginapan di Kalimantan Timur meningkat. Dia mengatakan, hotel-hotel sudah penuh. Beberapa pihak bahkan memilih menginap di Penajam Paser.

"Terkait dengan akomodasi ini luar biasa, hotel-hotel di Balikpapan dan Samarinda penuh. Beberapa hotel sudah nyatakan full booked. Bahkan kita mendengar tidak hanya Balikpapan dan Samarinda, tapi juga ada beberapa pihak yang stay, memilih tinggal di Penajam sebagai alternatif," kata dia.

Baca Juga: Gantikan Jokowi Acara Peluncuran, Prabowo: Presiden Sedang Latih Saya

3. Siapkan list akomodasi

Jelang HUT ke-79 RI di IKN, Pemprov Kaltim: Akses Jalan Memadai Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama PLN Hub di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (5/6/2024). (laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia)

Terkait dengan kondisi penuhnya berbagai fasilitas akomodasi, kata dia, Pemprov Kalimantan Timur telah menyiapkan daftar beberapa akomodasi termasuk hotel, guest house hingga asrama haji di Balikpapan dan Samarinda.

Hal ini dilakukan guna menampung para tamu yang akan mengikuti upacara HUT RI untuk pertama kalinya di IKN.

Baca Juga: Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek Besar

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya