Jaring Atlet, Polri Gelar Lomba Menembak Lewat Kapolri Cup 2024

Listyo Sigit unjuk skill dengan menembak di pembukaan

Intinya Sih...

  • Polri gelar lomba menembak 'Kapolri Cup 2024' di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat.
  • Listyo Sigit membuka acara dengan menembak, final kompetisi digelar pada Sabtu.
  • Lomba melibatkan ribuan peserta dari berbagai kategori dan menjadi ajang penting untuk menjaring dan membina atlet menembak.

Jakarta, IDN Times - Polri menggelar lomba menembak dengan tajuk 'Kapolri Cup 2024' di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat yang dibuka oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Salah satu tujuan lomba ini untuk menjaring atlet menembak.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan, lomba menembak Kapolri Cup 2024 ini digelar dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78 tahun dan telah berlangsung sejak 6 Juli.

"Maksud dan tujuan dari perlombaan menembak ini juga sebagai bagian daripada penjaringan dan bekerja sama dengan Perbakin untuk pembinaan atlet menembak. Baik tentunya sebagai atlet dan sipil maupun juga dari internal kepolisian, serta melibatkan tiga angkatan, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara," kata Trunoyudo kepada jurnalis, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga: Kapolri Dalami Isi Putusan Hakim Bebaskan Pegi Setiawan

1. Kapolri buka acara dengan menembak

Jaring Atlet, Polri Gelar Lomba Menembak Lewat Kapolri Cup 2024Kaporli Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Listyo Sigit membuka puncak acara lomba tersebut dengan menembak. Selain itu, hadir juga Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dan sejumlah pejabat utama (PJU) Mabes Polri lainnya 

Final kompetisi menembak ini digelar pada Sabtu. Kapolri juga memberikan penghargaan kepada para pemenang. 

Baca Juga: Kapolri Didesak Copot Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono

2. Lomba diadakan untuk penjaringan dan pembinaan atlet menembak

Jaring Atlet, Polri Gelar Lomba Menembak Lewat Kapolri Cup 2024Lomba menembak Danjen Kopassus Shooting Championship 2024. (IDN Times/Larasati Rey)

Trunoyudo mengatakan, selain menjaring atlet menembak, lomba ini juga ditujukan untuk membina atlet menembak.

Adapun lomba ini melibatkan ribuan peserta dari berbagai kategori. Mulai dari atlet, sipil, anggota kepolisian, hingga TNI baik Angkatan Darat, Laut maupun Udara.

Total peserta mencapai 1.095 orang yang terdiri dari 582 peserta untuk kategori menembak sasaran, 199 peserta untuk duel plat, dan 714 peserta untuk tembak reaksi.

Lomba ini pun menjadi ajang penting untuk menjaring dan membina atlet menembak dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Data Diretas Berkali-kali, Wapres Ingatkan TNI-Polri Melek Teknologi

3. Ada kategori tembak eksekutif atau duel plat

Jaring Atlet, Polri Gelar Lomba Menembak Lewat Kapolri Cup 2024ilustrasi pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Kategori menembak sasaran tersebut mencakup 19 jenis, seperti 50m pistol individu dan tim, 10m air rifle individu dan tim, serta 25m pistol women.

Kategori tembak reaksi terbagi menjadi IPSC untuk yang bersertifikat dengan beberapa divisi, seperti open division dan standard division, serta non-IPSC untuk yang tidak bersertifikat. 

Selain itu, ada kategori tembak eksekutif atau duel plat yang melibatkan peserta dari TNI/Polri, pimpinan kementerian/lembaga, dan media. Kategori ini mencakup 7 subkategori, termasuk VVIP, PJU Mabes Polri, Kapolda dan Wakapolda, serta jenderal dari empat angkatan.

Baca Juga: KPAI: Kapolri Harus Tegas dan Hormati Hak Asasi di Kasus Afif Maulana

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya