Isi Lengkap Permintaan Maaf Hacker, Janji Beri Kunci Buka Data PDNS 2

Sebut serangan ini tak ada konteks politik

Intinya Sih...

  • Kasus peretasan PDNS 2 mengganggu sektor Indonesia, melibatkan Kominfo, BSSN, dan Telkom Sigma.
  • Hacker Brain Cipher meminta maaf dan menawarkan kunci enkripsi secara gratis tanpa konteks politik.
  • Presiden Jokowi memerintahkan pemulihan layanan publik terdampak serangan siber ransomware pada PDNS 2.

Jakarta, IDN Times - Kasus peretasan Pusat data nasional sementara (PDNS) 2 menyebabkan sejumlah sektor di Indonesia terpengaruh. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) hingga Telkom Sigma selaku pihak penyedia server kalang kabut menangani kasus ini.

Terbaru bahkan hacker yang menyuntikkan program ransomware Brain Chipper ini memblokir akses data dan sistem PDNS 2 meminta maaf pada publik. Ia menyebut serangan ini tak ada konteks politik dan menjadi evaluasi pemerintah untuk membiayai dan merekrut spesialis yang berkualifikasi.

Lewat pernyataan publik di blognya yang viral di platform X (Twitter) pada Selasa, 2 Juli 2024 Brain Cipher yang meretas data nasional Indonesia ini bahkan mengungkapkan bakal memulihkan sistem secara gratis. Kunci enkripsi ransomware PDNS 2 bakal dirilis Brain Cipher pada Rabu, 3 Juli 2024 besok. 

1. Brain Cipher tanggalkan permintaan tebusan Rp131 miliar

Isi Lengkap Permintaan Maaf Hacker, Janji Beri Kunci Buka Data PDNS 2ilustrasi hacker (IDN Times/Aditya Pratama)

Melalui tangkapan layar dari pernyataan mereka, berikut adalah isi lengkap permintaan maaf Brain Cipher dan meniadakan tebusan senilai Rp131 miliar yang diminta mereka.

We want to make a public statement.

This Wednesday, we'll give you the keys for free. We hope that our attack made it clear to you how important it is to finance the industry and recruit qualified specialists. 

Our attack did not carry a political context, only a pentest with post payment. 

Citizens of Indonesia, we apologize for the fact that it affected everyone. 

We also ask for public gratitude and confirmation that we have consciously and independently made such a decision. 

If the government representation, considers it wrong to thank the hacker. You can do it privately at the post office. 

p.s. 

We leave a monero wallet for donations, we hope that by Wednesday we will get something. (And we repeat again: we will give the keys absolutely free of charge and on our own initiative.)

P.s.s

On Wednesday, we will prove that we keep our word.

 

Baca Juga: Brain Cipher Janji Beri Kunci PDNS yang Diretas Besok, Bisa Dipercaya?

2. Permintaan maaf versi bahasa Indonesia Brain Cipher

Isi Lengkap Permintaan Maaf Hacker, Janji Beri Kunci Buka Data PDNS 2ilustrasi peretas atau hacker (freepik.com/freepik)

Terjemahan ke bahasa Indonesia

Kami ingin membuat pernyataan publik.

Rabu ini, kami akan memberi Anda kuncinya secara gratis. Kami berharap serangan kami menjelaskan pesan kepada Anda betapa pentingnya membiayai industri dan merekrut spesialis yang berkualifikasi.

Serangan kami tidak membawa konteks politik, hanya evaluasi dengan keamanan dengan pasca bayar.

Warga negara Indonesia, kami mohon maaf karena hal ini berdampak pada semua orang.

Kami juga mohon terima kasih dan kepastian masyarakat bahwa kami telah mengambil keputusan tersebut secara sadar dan independen.

Jika perwakilan pemerintah, menganggap salah mengucapkan terima kasih kepada hacker. Anda dapat melakukannya secara pribadi di kantor pos.

Kami meninggalkan dompet monero untuk sumbangan, kami berharap pada hari Rabu kami akan mendapatkan sesuatu. (Dan kami ulangi lagi: kami akan memberikan kuncinya secara gratis dan atas inisiatif kami sendiri.)

Pada hari Rabu, kami akan membuktikan bahwa kami menepati janji kami.

Baca Juga: Pengguna Password Serangan Ransomware ke PDNS Sudah Diketahui

3. Sudah diretas sejak 20 Juni 2024, pemerintah masih bahas pemulihan

Isi Lengkap Permintaan Maaf Hacker, Janji Beri Kunci Buka Data PDNS 2Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Hadi Tjahjanto ketika memberikan keterangan pers pada Senin, (1/7/2024). (IDN Times/Santi Dewi)

IDN Times sudah berupaya mengonfirmasi hal ini ke Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong namun belum ada tanggapan.

Sehari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pemulihan layanan publik terdampak serangan siber ransomware pada PDNS 2.  Menurutnya , Presiden mengarahkan layanan publik kembali normal pada Juli 2024.

“Baru saja saya memimpin Rapat Tingkat Menteri yang dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara membahas terkait tindak lanjut perintah Bapak Presiden agar seluruh layanan publik dapat kembali normal pada bulan Juli 2024,” jelasnya dalam Konferensi Pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Kemarin, Hadi mengatakan proses pemulihan layanan akan dilakukan, salah satunya menggunakan backup server dari Cold Site Batam yang kemudian diaktifkan pada fasilitas PDNS 1 dan Data Center Temporary milik penyedia. Data nasional ini telah mendapat gangguan hacker sejak 20 Juni 2024 dan masih ditangani 12 hari setelahnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya