Ini Prosedur Masuk ke Misa Agung Paus Fransiskus di Stadion GBK

Ada tujuh ketentuan bagi jemaat Katolik

Jakarta, IDN Times - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia berlangsung pada 3-6 September 2024. Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian perjalanan apostolik Paus di Asia.

Dalam rangkaian kegiatannya hari ini, Paus Fransiskus bakal menghadiri Misa Suci atau Perayaan Ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Misa Agung ini akan dihadiri umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk menghadiri Misa Kudus Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), ada sejumlah prosedur penting yang harus dipatuhi. Berikut adalah detail prosedur yang dilansir dari buku panduan:

- Umat wajib menggunakan gelang identitas. Gelang identitas harus dipakai saat tiba di area GBK atau Stadion Madya dan tidak boleh dilepas.

- Warna gelang harus identitas harus sesuai dengan zona tujuan. Detail tempat duduk (kategori, zona, pintu masuk, baris, nomor kursi) tercantum pada gelang identitas.

- Hanya tas kecil dengan ukuran maksimal enam liter yang diperbolehkan masuk. Nantinya juga disebut tak akan ada fasilitas penitipan tas.

- Umat yang akan ikut agenda ini juga diminta masuk melalui gerbang sesuai dengan kategori, zona, dan pintu pada gelang.

- Karena banyaknya umat Katolik yang hadir, panitia menganjurkan agar tidak terpisah dari kelompok keuskupan atau organisasi masing-masing.

- Dalam acara ini, umat juga dilarang membawa sejumlah benda. Pertama adalah enda mudah terbakar, kaca, makanan, minuman, payung, senjata tajam, drone, atau benda berbahaya lainnya. Merokok, baik rokok elektrik maupun konvensional, serta minuman beralkohol dan obat terlarang juga tidak diperbolehkan.

- Selain itu, terompet, kamera DSLR atau kamera profesional, hewan peliharaan, poster, bendera, spanduk, tongkat selfie, laser, benda besi lainnya, dan botol minuman juga termasuk barang yang dilarang dibawa masuk.

Perlu doketahui, usai kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Baca Juga: Paus Fransiskus Hadiri Misa Agung di GBK, Cek Rekayasa Lalin Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya