Imigrasi Luncurkan Desain Paspor Baru, Mulai Diterbitkan 2025

Paspor baru ini akan fokus pada kekuatan keamanan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi resmi meluncurkan desain paspor baru Indonesia dengan warna merah dan putih. Warna merah disematkan di bagian sampul dan warna putih untuk teks yang ada di sampul depan. Paspor baru ini diterbitkan pada 17 Agustus 2025.

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi, Silmy Karim, mengatakan desain halaman tiap lembar kertas paspor menggunakan 33 motif kain nusantara yang sudah dikurasi dari total 5.489 motif yang ada di Indonesia.

Silmy menjelaskan, paspor baru akan fokus pada kekuatan keamanan, dan diharapkan memudahkan warga negara Indonesia bepergian ke luar negeri tanpa visa. Paspor baru ini juga disebut dari International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Kemudian yang berikut latar belakang filosofis ada historis, ada yuridis dan aspek teknis, warna merah dan putih melambangkan simbol simbol pemersatu bangsa, hormatan dan sejarah perjuangan bangsa, keberanian dan kesucian,” kata Silmy dalam konferensi pers Launching Desain Baru Paspor Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Desain ini diperkenalkan pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di depan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly. Sebelumnya, lambang garuda di paspor lama berada di tengah, kini posisinya ada di kiri atas paspor. Pada Januari 2020, paspor Indonesia memiliki akses bebas visa dan visa saat kedatangan ke-85 negara dan teritori.

Baca Juga: Paspor Baru RI Warna Merah Putih, Kertasnya Bermotif 33 Kain Nusantara

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya